Inflatoplane Goodyear, Pesawat Lipat untuk Menyelamatkan Pilot

Salah satu pesawat paling tidak biasa yang pernah dirancang adalah Goodyear Inflatoplane. Ini adalah pesawat karet yang  dirancang untuk Angkatan Darat Amerika Serikat sebagai kendaraan penyelamat.

Perusahaan  Goodyear yang awalnya dikenal sebagai produsen  balon udara terkenal, mencoba untuk ikut membangun pesawat militer di bawah lisensi, seperti versi dari Vought Corsair.

Mereka juga ingin membangun pesawat terbang karet dan di tahun 1950 mereka akhirnya mendapat kesempatan untuk mewujudkan keinginan itu.

Meskipun Inflatoplane adalah ide baru dan tampaknya seperti itu  sebuah proyek hampir mustahil pada awalnya, Angkatan Darat AS setuju untuk mensponsori  pengembangan Inflatoplane.

Lalu untuk apa pesawat karet ini bagi militer? Menurut Goodyear, pesawat itu cocok untuk semua jenis operasi di lapangan Angkatan Darat. Mereka mengklaim bahwa pesawat bisa dilipat dalam wadah  44 kaki kubik dan diangkut dengan pesawat lain, trailer jip atau truk.

Yang lebih menarik tentang Goodyear Inflatoplane adalah bahwa pesawat ini  dapat dijatuhkan ke belakang garis musuh sehingga pilot yang jatuh bisa menyelamatkan diri dengan menggunakan pesawat ini.

Ada beberapa upaya untuk merancang, membangun dan menerbangkan glider karet tiup di masa lalu. Taylor McDaniel adalah orang pertama yang datang dengan ide ketika temannya meninggal setelah kecelakaan di hutan Brasil.

McDaniel bekerja pada idenya untuk beberapa tahun sebelum akhirnya ia menerima paten untuk sebuah glider tabung karet  yang terbang dua kali pada tanggal 4 Januari 1931, namun pilot mengalami masalah kontrol.

Para insinyur Soviet juga merancang dan membangun  glider  dari kanvas karet ringan. Pada awalnya, proyek ini berhasil dan mereka mencoba untuk membuat versi yang le bih baik, tetapi hasil dari versi perbaikan ini tidak diketahui.

Inggris juga membuat upaya untuk menciptakan sebuah pesawat yang bisa dikempeskan lagu dibawa ke kapal selam  tapi proyek tidak pernah melewati tahap percobaan awal.

Goodyear Aircraft Corporation pada tahun 1956 membuat variasi paling sukses dari pesawat karet tiup.

Para insinyur membangun prototipe pertama GA-33. Pengujian berhasil dan mereka mengembangkan sebuah model yang lebih maju yang disebut sebagai  GA-447, dan setelah pengujian mengesankan Goodyear membangun  10 Inflatoplane lebih di bawah sponsor dari Korps Transportasi Angkatan Darat  dan Office of Naval Research.

Inflatoplane hendak mendarat
Inflatoplane hendak mendarat

Mereka mengembangkan model lebih maju. Mesin awal yang memiliki daya 40 tenaga kuda diganti dengan mesin lebih kuat bertenaga 60 hp.

Model baru ini ditunjuk GA-468. Mereka juga merancang palet parasut untuk menjatuhkan pesawat  dan wadah untuk Inflatoplane yang dikempeskan  untuk digunakan sebagai kendaraan airdrop rescue bagi pilot yang jatuh di wilayah musuh.

inflatoplane-4
Model 466

GA-468 adalah pesawat kursi unggal dan mereka juga akan merancang versi dua kursi yang ini ditunjuk GA-466. Kecepatan tertinggi adalah 69 mil per jam dengan rentang terbang  230 mil.

Pada tahun 1959 Goodyear berncana  untuk merancang dua Inflatoplane aerodinamis dengan  dengan mesin 100-hp dan model ini dirancang untuk memiliki kokpit sepenuhnya tertutup.

Goodyear membuat sejumlah pesawat, tetapi pada musim gugur tahun 1959, Goodyear berhenti produksi dan membatalkan proyek tersebut.

inflatoplane-1

Goodyear menyumbangkan satu Inflatoplane ke Smithsonian dan pesawat lain ke Museum Franklin di Philadelphia, sementara yang Inflatoplane pertama GA-33 disumbangkan ke Museum Penerbangan Ohio.