Ethiophia Airline Buka Penerbangan Langsung Indonesia-Afrika

    Ethiophia Airline membuat gebrrakan dengan berencana membuka rute langsung Indonesia-Afrika. CEO Ethiophia Airline, Tewolde GebreMariam mengatakan jalur ini akan dibuka tahun depan.

    Tewolde mengatakan salah satu alasan Afrika membuka penerbangan ke Indonesia karena Indonesia memiliki pangsa pasar yang baik bagi penerbangan ke Afrika. Tweolde mengatakan kerja sama bisnis Indonesia dan Afrika dalam bidang garmen, perhiasaan, dan elektronik membuat Afrika berencana membuka penerbangan.

    “Kami sudah melakukan riset selama tiga tahun terakhir ini. Kita merupakan penerbangan pertama langsung dari Jakarta ke Ethiophia. Kami percaya ini pangsa pasar yang baik,” ujar Tewolde kepada Republika.co.id, Jumat 11 November 2016.

    Tewolde mengatakan nantinya penerbangan ini akan mengambil rute, Jakarta-Singapura-Ethiophia. Rencananya penerbangan langsung ke Afrika ini sebanyak tiga kali sepekan, yaitu Senin, Rabu, dan Sabtu.

    Ia menjelaskan, pihaknya sudah berkomunikasi langsung dengan Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan slot penerbangan. Pihaknya mengatakan, pemerintah Indonesia sudah menyepakati hal tersebut dan memulai penerbangan pada tahun depan. “Kami menargetkan sudah bisa melayani penerbangan pada April tahun depan. Kami juga bekerja sama dan berkomunikasi langsung dengan berbagai pihak,” ujar Tewolde.

    Tewolde juga mengatakan pihaknya sedang berdiskusi dengan Garuda Indonesia untuk sharing cost. Ia mengatakan, kerja sama tersebut nantinya dalam segi hub and spook dengan Garuda Indonesia mendapatkan slot penerbangan ke Afrika.

    “Kita juga berkomunikasi dengan Garuda Indonesia untuk melakukan cost sharing. Pemerintah Afrika memberikan kesempatan bagi Garuda Indonesia untuk bisa melakukan penerbangan langsung ke Afrika,” ujar Tewolde.