PT DI Siap Kirim 2 Pesawat Pesanan Filipina

    NC212i

    PT Dirgantara Indonesia (DI) mengatakan telah menyelesaikan pembuatan dua pesawat NC212i yang dipesan  Filipina.

    Dilengkapi dengan pintu ramp dan sistem navigasi dan komunikasi modern, pesawat serbaguna ini  merupakan generasi terbaru dari NC212 dan memiliki daya dukung 28 penumpang. Ini menjadi pesawat Indonesia pertama yang diperintahkan oleh Filipina yang selama 20 tahun terakhir nyaris tidak mengupgrade pesawat mereka.

    Direktur restrukturisasi PT DI  Budiman Saleh mengatakan kontrak pembelian dua pesawat NC212i, termasuk suku cadang, bernilai US$ 19 juta.

    “Kita bisa melakukannya dengan  harga terjangkau, dan tanpa ketergantungan ke AS. Anda juga dapat menempatkan teknologi Israel di dalamnya, “kata Budiman sebagaimana dilaporkan The Jakarta Post Sabtu 5 November 2016.

    Budiman lebih lanjut mengatakan pengiriman pesawat tersebut akan dilakukan setelah pilot Filipina menerima pelatihan tentang instrumen dan kondisi teknis di PT DI.

    “Kami akan mengambil waktu. Mudah-mudahan, pesawat  akan tiba di Filipina pada semester pertama [tahun depan]. Pilot kami akan menerima pelatihan Desember ini, ” kata Raymundo de Vera Elefante, Wakil Keuangan Bahan, Ammunitions dan , Instalasi Departemen Pertahanan Nasional.

    Menurut PT DI, pesawat NC212i dapat digunakan untuk memproduksi hujan buatan, patroli maritim dan patroli penjaga pantai. Lebih dari 600 unit C212 seri generasi sebelumnya  telah digunakan oleh 38 negara, termasuk Chile, Meksiko, Afrika Selatan, Spanyol, Thailand, Filipina, dan Uni Emirat Arab.