Haruskan Amerika Takut dengan J-20?

j-20-debutPada dasarnya, J-20 akan memberikan angkatan udara Cina kemampuan serangan jarak jauh, sulit terdeteksi dan jet tempur interdiksi yang dapat mengancam pangkalan udara, kapal induk, pesawt peringatan udara dan sistem kontrol, dan pesawat pengisian bahan bakar. Target-target itu adalah objek vital yang menjadi tumpuan Amerika Serikat dan yang sekutu untuk proyek kekuatan udara mereka di Asia-Pasifik yang sangat luas.

Meski F-22 atau F-35 mungkin akan lebih mudah mendetksi, J-20 tetap akan menjadi target yang sulit untuk dilacak oleh jet tempur generasi keempat yang berarti akan memberi ancaman bagi mereka.

J-20, jika sudah benar-benar masuk dalam produksi skala penuh dan masuk ke layanan, tetap akan menjadi ancaman signifikan besar dan fundamental dibandingkan keluarga Flanker Su-30 / 35 yang dimiliki China.

Untuk Amerika Serikat, pesawat ini tetap merupakan ancaman serius dalam skenario operasional tertentu seperti konfrontasi atas Taiwan atau Kepulauan Senkaku.

Untuk negara dengan kemampuan militer kurang mampu di wilayah tersebut seperti, Korea Selatan, Taiwan atau bahkan Jepang, J-20 merupakan pergeseran kemampuan yang mengubah permainan di cakrawala yang mengancam mereka.