Sambut Boeing 787-9 , Qantas Perkenalkan Logo dan Livery Baru

    Qantas Airways Australia mempertahankan tradisi dengan melakukan perubahan logo dan warna saat menerima armada baru.

    Pekan lalu mengungkapkan logo dan livery baru sebagai persiapan untuk pengiriman kapal pertama dari delapan pesawat  Boeing 787-9  yang dijadwalkan akan diterima satu tahun dari sekarang.

    Desain baru dicat pada Airbus A330-300 dan terungkap pada sebuah acara di Sydney, bersama dengan rincian tentang kursi, konfigurasi tempat duduk dan beberapa fasilitas penumpang yang nantinya juga akan ditemukan di pesawat 787.

    Meski warna khas merah dan putih dari badan pesawat  Qantas tidak berubah, maskapai telah merampingkan gambar kanguru yang terlihat pada ekor pesawat.

    Gambar kanguru juga telah ditambahkan ke tepi melengkung dalam ujung sayap sehingga penumpang akan melihat gambar ketika mereka melihat keluar jendela dan logo kanguru akan muncul ketika penumpang mengambil foto dari dalam pesawat.

    Selain mengganti dan memperbesar kanguru yang muncul di cowls mesin tempel, maskapai ini telah kembali memperkenalkan ikon kanguru bersayap yang muncul di ekor Qantas di tahun 1960-an, 70-an dan 80-an dan ditambahkan di bawah jendela kokpit, di mana nama pesawat dicat.

    Kata “Qantas” yang muncul di sisi pesawat mendapat font lebih ramping dan warna yang sedikit lebih ringan dan. Untuk meningkatkan visibilitas dari darat, kata Qantas sekarang muncul di perut pesawat.

    “Kami ingin memastikan merek kami tetap akrab tapi kami juga ingin menjadi lebih modern dan dinamis, seperti 787 dan seperti Qantas,” kata Alan Joyce, CEO Qantas Grup dalam sebuah pernyataan.

    Menurut Qantas, ini adalah kelima kalinya gambar merah-putih di ekor pesawat Qantas diperbarui sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1944. Update terakhir adalah pada tahun 2007 dan bertepatan dengan diperkenalkannya A380 Airbus ke armada Qantas.

    Sebelum itu, logo tersebut diperbarui pada tahun 1984, untuk B747-300, dan pada tahun 1947, untuk Lockheed Constellation.

    Logo Qantas dari tahun ke tahun
    Logo Qantas dari tahun ke tahun

    Qantas belum akan mendapatkan 787 yang pertama selama satu tahun ke depan dan belum membagi pesawat ke rute tertentu.

    Namun Qantas telah mengungkapkan beberapa informasi tentang desain untuk kabin Dreamliner yang akan diisi 236 penumpang: 42 di kelas bisnis, dengan konfigurasi 1-2-1; 28 dalam di kelas ekonomi premium, dengan konfigurasi 2-3-2; dan 166 kursi ekonomi, dengan konfigurasi 3-3-3.

    qantas-3-copy

    Sebagai perbandingan 787-9 milik United Airlines memiliki kursi 252, sementara Air Canada 298 penumpang.