F-35B Mendarat di USS America untuk Tes Krusial

Sebanyak lima jet tempur Lockheed Martin F-35B Lightening II mendarat di kapal serbu amfibi USS America (LHA 6) pada Jumat, 28 Oktober, di lepas pantai California selatan.

Amerika akan memulai tujuh tes F-35B dengan dua dijadwalkan untuk uji kapal fase ketiga dari developmental test (DT-III) and lima untuk tes operasional

USS America menjadi kapal pertama dari kelasnya yang  mampu menampung F-35B, pesawat tiltrotor MV-22B Osprey, dan helikopter Angkatan Laut dan Korps Marinir.

Tahap uji coba ketiga akan mengevaluasi operasi Short Take-off Vertikal Landing (STOVL) F-35B dalam kondisi gelombang tinggi, pendaratan kapal, dan operasi malam hari.

Pilot uji, insinyur, pengelola, dan personil dukungan dari Patuxent River Integrated Test Force (ITF) yang ditugaskan dari Air Test & Evaluation Squadron (VX) 23 di Naval Air Station Patuxent River, Maryland.

“Selama tiga minggu ke depan, kami akan menyelesaikan uji terbang penting untuk Developmental Test (DT) dan Operational Testing (OT). F-35 Pax River ITF dan VX-23 akan melakukan pekerjaan DT yang akan menetapkan batas-batas operasi yang aman untuk F-35B dalam konfigurasi 3F. VMX-1 akan melakukan operasi PL berfokus pada mempersiapkan kru pemeliharaan dan pilot untuk penyebaran pertama dari F-35B di kapal USS Wasp (LHD 1), dijadwalkan untuk memulai hanya dalam waktu satu tahun, ” kata Pilot Marine Operational Test and Evaluation Squadron 1 (VMX-1) Letkol Tom ‘Sally’ sebagaimana dikutip Combat Aircraft Senin 31 Oktober 2016.

Pengujian operasional juga akan mencakup simulasi pemeliharaan ekstensif di atas kapal, kata Kolonel George Rowell, komandan dari VMX-1 yang berbasis di MCAS Yuma, Arizona.

Rowell menyatakan salah satu jet VMX di kapal akan ditempatkan di teluk hanggar, dibongkar  dan disatukan lagi, hanya untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.