DHC-4A Turbo Caribou Ditemukan di Ketinggian 2.000 Meter

Ilustrasi

Pesawat Carebo dengan kode penerbangan PK-SWW milik Pemda Puncak, Papua yang hilang kontak Senin 31 Oktober 2016 dilaporkan telah ditemukan oleh Tim SAR pada Selasa sekitar pukul 06.30 WIT.

Menurut Kepala SAR Timiki Mahfud sebagaimana dikutip Antara, pesawat ditemukan di ketinggian 2.000 kaki. Namun belum diketahui nasib para kru pesawat.

Sebelumnya dilaporkan pesawat terbang DHC-4A Turbo Caribou dengan rute penerbangan Timika-Ilaga hilang pada Senin.

Pesawat tinggal landas dari Bandara Timika jam 22.57 UTC (07.57 WIT) dan diperkirakan tiba di Ilaga pada 08.22 WIT). Kontak terakhir dengan bandara Ilaga jam 08.23 WIT, melaporkan posisi di Ilaga Pass dan koreksi waktu tiba menjadi jam 08.27 WIT.

Pukul 08.30 WIT Ilaga Radio mencoba kontak, namun tidak ada respon. Petugas Ilaga melalui radio mencoba meminta bantuan kepada pesawat yang melintas di area Ilaga, namun sampai jam 09.20 WIT tidak ada informasi posisinya, sehingga petugas Airnav Sentani menyatakan ‘declare alerfa’ atau kondisi pesawat dinyatakan hilang.

 

Evakuasi pesawat terkendala cuaca. Pada Senin Tim SAR sudah menerjunkan satu helikopter, namun di sana cuaca berkabut, sehingga helikopter kembali, dan tim akan menelusuri melalui jalur darat.

Kondisi daerah Ilaga yang berlembah serta memiliki banyak bukit dan pegunungan juga menyulitkan pencarian.