Tidak Responsif, Typhoon Inggris Paksa Airbus A320 Mendarat

Jet tempur Eurofighter Typhoon milik Angkatan Udara Inggris bergegas terbang untuk mencegat sebuah pesawat sipil Airbus 320 yang kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara Jumat 28 Oktober 2016.

Airbus A320 tersebut  dioperasikan oleh perusahaan Meksiko Volaris dengan membawa tujuh awak tapi tidak ada penumpang. Pesawat kemudian dipaksa mendarat di Prestwick di Skotlandia dengan dikawal Typhoon.

“Typhoon quick reaction aler diluncurkan dari RAF Coningsby dan RAF Lossiemouth untuk mengidentifikasi sebuah pesawat sipil yang tidak responsive,” kata juru bicara Angkatan Udara Inggris (RAF) sebagaimana dikutip The Journal Jumat 28 Oktober 2016.

RAF juga minta maaf karena pesawat Typhoon diberi kewenangan untuk transit di kecepatan supersonik dengan alasan operasional. “Komunikasi bisa dibangun kembali dan pesawat telah aman dikawal oleh pesawat Lossiemouth ke Prestwick.”

Seorang juru bicara Polisi Skotlandia menambahkan: “Sebuah pesawat telah diantar ke Glasgow Prestwick di sekitar 2:40 [waktu setempat] menyusul laporan dari hilangnya komunikasi.

“Sebuah tanggap darurat penuh telah disiapkan di bandara dan pesawat mendarat dengan selamat pada pukul 03:57.”