Maskapai Ini Meminta Pramugarinya Buka Baju tiap Akhir Tahun

Apa yang ditunggu-tunggu para pelanggan pria maskapai penerbangan Ryanair setiap akhir tahun jika bukan edisi kalender maskapai itu yang kontroversial.

Maskapai berbiaya murah yang berbasis di Dublin, Republik Irlandia itu, pernah meminta pramugarinya buka baju untuk acara galang amal. Baik untuk difoto maupun saat menggelar aksi amal di jalanan.

Setidaknya maskapai ini punya tujuan mulia dengan meminta kru kabin wanitanya membuka baju. Dari program yang ramai ditentang karena dinilai terlalu seksis itu, Ryanair Holdings Plc telah menggalang ratusan ribu dollar. Hasil penggalangan dana itu mereka sumbangkan kepada yayasan penderita kanker remaja di Inggris Raya.

Pada 2008 misalnya, aksi berbikini atau mengenakan lingerie para pramugari itu, berhasil menggalang dana dalam acara amal di Inggris, Irlandia dan Jerman sebesar US$126.400 (sekitar Rp1,6 miliar) yang mereka sumbangkan pada Britain’s Teenage Cancer Trust. Dan jumlah hasil penggalangan dana dari aksi bikini itu selalu meningkat dari angka tersebut setiap tahunnya.

Program kalender amal Ryanair ini dimulai sejak 2008. Sejak tahun itu hingga 2014, setiap tahunnya kalender maskapai tersebut selalu berisi foto-foto para pramugari mereka yang rela berpose seronok dengan bikin. Bahkan untuk memasarkan kalender di sejumlah aksi amal, para pramugari juga menjajakan kalender itu dengan memakai bikini.

Aksi galang amal itu sejak awal kemunculannya dianggap hanya sebuah ekspoitasi seksual pramugari dan menempatkan profesi pramugari yang semestinya terhormat karena bertugas memastikan keselamatan penumpang, menjadi berkesan glamor dan murahan. Bahkan petisi sempat dilayangkan pada 2011 oleh sejumlah pramugari dari maskapai lain yang merasa jijik dengan perlakuan Ryanair terhadap pramugarinya itu.

“Sebetulnya para pramugari sendiri yang meminta untuk beraksi amal dengan cara itu karena cara tersebut dinilai efektif untuk mengumpulkan dana. Dan mereka melakukannya secara sukarela dan bahkan sangat bersemangat. Karena mereka tahu, aksi itu mereka lakukan untuk membantu sesama,” begitu kata CEO Ryanair, Michael O’Leary, saat sejumlah kritikan muncul dari publik terhadap keberadaan progam kalender bikini tersebut.

Namun para penyuka kalender Ryanair harus gigit jari sejak 2015. Pasalnya, pada akhir 2014, O’Leary mengumumkan, mulai 2015, tidak ada kalender pramugari Ryanair mengenakan bikini lagi. Maskapai itu hendak memperbaiki reputasi dan menarik penumpang baru. Berikut ini sejumlah file foto kalender berisi foto-foto berbikini para pramugari Ryanair.

Mandatory Credit: Photo by Julian Makey/REX (3235581a)  Eleven of the calendar girls in uniform  Ryanair and Teenage Cancer Trust launch the 2014 Ryanair Cabin Crew Charity Calendar, London, Britain  - 23 Oct 2013  Ryanair cabin crew have selected the Teenage Cancer Trust as their charity partner for 2014 and hope to raise 100,000 euros from the sale of the calendar.
Dua belas pramugari yang rela dfoto vulgar di kalender tahunan maskapainya. (Foto: Julian Makey/REX)
Ryanair-Calendar_2014_oke
Kalender Ryanair edisi terakhir yang memakai model para pramugarinya. (Foto:Dailymail)
Maskapai Ini Meminta Pramugarinya Buka Baju tiap Akhir Tahun
Para pramugari yang menjadi model kalender vulgar Ryanair. (Foto:huffingtonpost)

Ryanair2014_2_oke

Kalender 2010 2010_Ryanair Ryanair_Calendar2012 Ryanair_Calendar2013-oke Ryanair_Dailymail2

Mandatory Credit: Photo by Julian Makey/REX (3235581d)  Eleven of the calendar girls in uniform at Victoria Station  Ryanair and Teenage Cancer Trust launch the 2014 Ryanair Cabin Crew Charity Calendar, London, Britain  - 23 Oct 2013  Ryanair cabin crew have selected the Teenage Cancer Trust as their charity partner for 2014 and hope to raise 100,000 euros from the sale of the calendar.
(Foto: Julian Makey/REX)

Ryanair_Huffingtonpost-Oke ryanair4f-6-nydailynews-oke

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=O0maf6c0zdw[/embedyt]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.