Penindas Tua Kembali dari Medan Perang

Pada 7 Oktober 2016 sebanyak enam pesawat serangan elektronik EA-6B Prowler milik VMAQ-4 “Seahawks” Korps Marinir AS mendarat di lapangan udara Lajes, Portugal.

ea-6b-prowler-2

Gambar-gambar yang diambil APS- Associação Portugal Spotters, dan diposting The Aviationist menunjukkan Prowlers mendapat beberapa tanda dan lukisan yang menarik, termasuk mulut hiu atau Sharkmouth.

ea-6b-prowler-3

Pesawat terbang dengan dukungan dukungan tanker KC135R 62-3518 “Spirit of kokomo” dari Komando AF di Grissom ARB, Indiana.

ea-6b-prowler-4

Pesawat kembali dari Incirlik Air Base, Turki, yang menjadi pangkalan mereka dalam mendukung Operasi Resolve Inherent untuk menyerang ISIS di Suriah dan Irak sejak April.

ea-6b-prowler-5

EA-6BS adalah salah satu aset paling penting dalam perang udara melawan ISIS dengan kemampuan menguping sinyal radio musuh dan menindas frekuensi tersebut untuk mencegah para anggota militant berbicara satu sama lain di radio atau ponsel, atau menggunakan pemancar portabel untuk memicu IED (Improvised Explosive Devices).

 

ea-6b-prowler-8Prowlers sebelimnya juga digunakan oleh Angkatan Laut Amerika namun sudah dipensiun dan digantikan oleh Boeing EA-18G Growler, sebuah varian Electronic Warfare yang didasarkan pada pesawat dua kursi F / A-18F Super Hornet.

ea-6b-prowler-7

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.