Mengenal Lebih Dekat Si Tambun Xian Y-20

Secara resmi meluncurkan pada tahun 2006, Xian Y-20 yang diberi nama kode “Kunpeng” adalah pesawat angkut militer besar dikembangkan oleh Xi’an Aircraft Industrial Corporation, bagian dari Aviation Industry Corporation of China.

Pesawat ini dibangun untuk Angkatan Udara China di bawah bantuan dari perusahaan pesawat Rusia dan Ukraina.

Nama Kunpeng diambil dari burung mitos China kuno yang bisa terbang ribuan kilometer. Ini merupakn pesawat angkut berat militer pertama yang dibangun China dan juga menjadi airlifter strategis terbesar dalam negeri yang pernah dibangun di China. Pesawat ini lebih dikenal dengan julukan Chubby Girl karena badannya yang tambun.

Pesawat dirancang untuk transportasi peralatan perang dan personel selama perang, bantuan kemanusiaan dan misi penjaga perdamaian.

Pesawat juga dapat digunakan untuk peringatan udara dini dan kontrol, peperangan anti-kapal selam dan misi pengisian bahan bakar udara. Angkatan Udara China membutuhkan 400 Y-20  dan telah mulai memasukan pesawat ini ada layanan pada 2016.

Dengan kapasitas muatan 60-66 ton, pesawat dapat membawa kendaraan tempur dan dukungan termasuk tank Type 99.

 

Pesawat kargo militer seberat 200-ton memiliki badan pesawat luas untuk bagian kargo dan struktur empennage ekor T dengan permukaan horisontal tinggi dipasang pada vertical stabilizer.

Badan pesawat center berengsel dengan sweptback, sayap monoplane di atas badan pesaawat mengintegrasikan triple-slotted trailling-edge flaps yang dikembangkan oleh Biro Desain Antonov Ukraina.

Empat mesin  D-30KP-2 turbofan buatan Rusia dipasang di bawah setiap sayap dan material komposit digunakan dalam badan pesawat untuk menjaga berat badan tetap ringan.

Pesawat ini mampu melakukan misi dalam kondisi cuaca buruk dan dapat mendarat di bandara kecil di daerah pegunungan.

Y-20 memiliki kaca kokpit, yang mengakomodasi tiga anggota awak, termasuk dua pilot dan seorang loadmaster.

Kargo dimuat melalui pintu belakang yang besar yang memungkinkan untuk rolling stock dan bongkar pasang kargo berukuran besar.

Pesawat ini menggabungkan dua unit roda pendaratan utama dan roda hidung, yang terdiri dari tiga baris, dengan sepasang roda untuk setiap baris, enam roda total untuk setiap unit.

Roda depan termasuk twin- satuan kaki roda standar untuk landasan pacu berat, dan roda pendaratan kasar memungkinkan take-off dan pendaratan di lapangan udara kasar atau landasan pacu tak beraspal. Pesawat berukuran 47 meter, 18 meter dan memiliki lebar sayap 50 meter.

Take-off jarak terpendek dari Y-20 adalah 600 sampai 700 meter, dengan berat take-off maksimum 220 ton. KEmampuan ini dapat dicapai dengan empat mesin turbofan Soloviev D-30KP-2 yang menghasilkan output daya maksimum 14 ton, menawarkan rasio bypass tinggi untuk efisiensi bahan bakar dan mendorong raksasa ini ke kecepatan jelajah 0,75 Mach (918 km / h).

Jangkauan diperkirakan 4.500 km dengan muatan maksimum, 7.800 km dengan 40 ton dan 10.000 km jika membawa pasukan terjun payung serta beroperasi pada langit-langit 42.700 kaki

DATA DAN SPESIFIKASI XIAN Y-20

  • Peran                                       : airlifter Strategis
  • Asal Negara                             : Republik Rakyat Cina
  • Produsen                                  : Xi’an Aircraft Industrial Corporation
  • Penerbangan pertama               : 26 Januari 2013
  • Awak                                       :3 (Pilot, kopilot & loadmaster)
  • Payload                                    :66 ton
  • Panjang                                    : 47 m
  • Lebar sayap                            :45 m
  • Ketinggian                               :15 m
  • daerah sayap                           : 330 m²
  • Berat kosong                            : 100.000 kg
  • Max. lepas landas berat            : 220.000 kg
  • Powerplant                               :4 × turbofan
  • Kecepatan Jelajah                    : 0,75 Mach
  • Kisaran                                    :4.500 km dengan max payload; 7800 km dengan 40 ton; 10.000 km dengan pasukan terjun payung.
  • Layanan langit-langit                 : 13.000 m
  • Max. wing loading                    :710 kg / m²

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.