Miles 52 Sejarah Awal Pesawat Supersonik

Pesawat Miles M52 adalah sebuah kisah menarik yang pernah ada. Pada bulan September 1946,  Majalah Engineer menerbitkan fitur berdasarkan rincian yang baru saja dirilis oleh Kementerian Pertahanan Inggris.

Hanya beberapa bulan sebelumnya, pemerintah Inggris telah membatalkan program karena keterbatasan anggaran, meskipun desain pesawat penelitian supersonik itu hampir selesai, dan pembangunan yang pertama dari tiga prototipe berjalan dengan baik.

Miles Aircraft of Reading telah bertugas dengan membangun turbojet untuk M52, yang dimaksudkan untuk terbang di 1.000 mph dan mencapai ketinggian 36,000ft dalam waktu 90 detik. Untuk mencapai hal ini, para insinyur di Miles datang dengan desain radikal yan justru mengingatkan pada bentuk senjata, bukan pesawat.

“Ini menyerupai peluru bersayap, dimensi keseluruhan adalah panjang 33 kaki dan rentang sayap 27 kaki, sayap agak lebih pendek daripada pesawat dengan panjang yang sama,” tulis Engineer 70 tahun yang lalu.

“Langkah ini sebagai upaya untuk menghasilkan bentuk sayap yang memiliki drag yang rendah di kisaran kecepatan supersonik dan belum memungkinkan penerbangan kecepatan rendah dengan kontrol yang baik, Miles Aircraft Ltd merancang  sayap bi-convex, dengan trailing tepi.”

Sayap bi-convex diuji pada standar Miles Falcon dan kemudian dikombinasikan dengan tailplane bergerak, membuktikan stabilitas desain ini pada kecepatan rendah.  Mesin  akan menghasilkan 17.000 tenaga kuda pada penerbangan kecepatan penuh

Dengan semua kekuatan yang hanya beberapa inci dari pilot, serta ketinggian ekstrem di mana M52 akan beroperasi tidak mengherankan bahwa sistem ejeksi dirancang tidak dengan kursi tetapi  kokpit yang dirancang untuk dilontarkan dengan peledak plastik di struktur tubular yang menghubungkan kabin pesawat. Secara teori, tekanan udara akan memaksa kokpit lepas dari dan parasut akan membantu turun secara pelan.

Setelah kabin melambat untuk kecepatan yang wajar dan berada pada ketinggian yang ditunjuk, pilot kemudian akan menggunakan parasut sendiri.

Meskipun M52 dikemudikan tidak pernah pergi langit, versi tak berawak yang berukuran sekitar 30 persen dari skala asli telah terbang.

Pesawat ini diluncurkan dari de Havilland Mosquito pada tanggal 8 Oktober 1947, namun roket meledak tak lama setelah rilis. Enam hari kemudian Chuck Yeager memecahkan hambatan suara untuk pertama kalinya dengan Bell X-1, sebuah pesawat yang berbagi banyak kesamaan dengan desain Inggris.

Pada bulan Oktober tahun 1948, sebuah M52 tak berawak mencapai Mach 1,38 di tingkat penerbangan yang stabil.

Dennis Bancroft, kepala aerodynamicist di Miles, kemudian mengklaim Bell Aircraft diberi akses ke gambar dan penelitian di M52, tapi bahwa AS mengingkari kesepakatan berbagi pengetahuan yang dibuat pada tahun 1944. Pada titik ini, X-1 seharusnya berjuang dengan desain ekor konvensional, dan ekor variabel yang digunakan pada M52 dikatakan telah mengilhami pesawat Amerika. Tidak mengherankan, klaim pengaruh Inggris pada ikon Bell X-1 secara luas diperdebatkan di AS. Tetapi sejarah ditulis oleh para pemenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.