Bone and Falcon

USAF

Sebuah B-1B Lancer Angkatan Udara Amerika Serikat dikawal oleh F-16 Fighting Falcon USAF saat terbang di atas Osan Air Base, Korea Selatan  13 September 2016.

Bomber B1-B yang juga dijuluki Bone dikirimkan ke Korea Selatan sebagai upaya untuk menggertak Korea Utara yang pada 9 September melakukan uji bom nuklir kelima dan terbesar dalam sejarah mereka.

B-1A awalnya dirancang sebagai pesawat supersonik untuk menyerang target dari ketinggian sebelum kemudian pemerintah Carter membatalkan program pada tahun 1977 setelah menjadi jelas bahwa bomber baru tidak akan mampu bertahan melawan sistem pertahanan udara baru yang dikembangkan Soviet.

Pemerintah Carter kemudian menekankan pada pengembangan rudal balistik dan mengembangkan bomber baru yang kemudian melahirkan Northrop Grumman B-2A Spirit.

Presiden Ronald Reagan kemudian membangkitkan lagi progrm pembom supersonik B-1B. Alih-alih menembus pada ketinggian tinggi, B-1B baru untuk dioptimalkan sebagai penetrasi ketinggian rendah menggunakan kombinasi kecepatan dan mengurangi radar cross section.

Namun, B-1B harus mengorbankan kemampuan kinerja terbang tinggi. Sementara B-1A memiliki kecepatan tertinggi lebih dari Mach 2.0, B-1B hampir tidak dapat mencapai pada Mach 1,25 sebagai akibat dari banyak perubahan struktural dan inlet geometri tetap.

Setelah berakhirnya Perang Dingin, B-1B itu tanpa senjata nuklir dan kembali fokus pada peran konvensional dengan semua hardware nuklir jet dihapus pada tahun 1995.

Di tempat yang semula digunakan untuk kemampuan nuklir, pembom diberi peran konvensional baru dengan program upgrade. Sebagai bagian dari upaya tersebut, bomber dilengkapi dengan meningkatkan kemampuan radar aperture sintetis dan kemampuan untuk membawa amunisi presisi-dipandu.

Tahun-tahun sejak 11 September 2001, bomber telah ditingkatkan dengan sensor baru seperti pod penargetan Sniper XR dan data-link untuk lebih memungkinkan jet melakukan misi untuk perang di Irak dan Afghanistan.

B-1B tidak lagi memiliki kemampuan tempur di wilayah yang memiliki sistem pertahanan udara yang canggih, tapi pesawat masih akan memiliki peran dalam pertempuran high-end dengan membawa rudal jelajah seperti JASSM-ER dan LRASM. Ironisnya, itu berarti bahwa selama pertempuran high-end dia akan memiliki peran yang mirip dengan Tu-160 Rusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.