Bos Narkoba Ini Punya 599 Pesawat, Kalahkan Maskapai Terbesar Meksiko

Sebelum ia ditangkap kembali pada bulan Januari, gembong kartel Sinaloa Joaquín “El Chapo” Guzman menjalankan operasi udara terbesar di Meksiko.

Menurut informasi dari kementerian pertahanan Meksiko (Sedena) yang diperoleh koran Meksiko El Universal antara 2006 dan 2015, pihak berwenang Meksiko menangkap 599 pesawat yang terdiri dari 586 pesawat sayap tetap dan 13 helikopter yang digunakan kartel untuk mengirimkan kapal narkoba di seluruh Meksiko dan Amerika Latin.

Jumlah ini jauh lebih besar dari maskapai penerbangan resmi terbesar di Meksiko yang, Aeroméxico yang hanya memiliki 127 pesawat.

Sebuah pesawat penuh Narkoba yang disita
Sebuah pesawat penuh Narkoba yang disita

Jika kartel Guzmán ini adalah bisnis yang legal, catat El Universal Rabu (04/05/2015), kemungkinan akan menjadi salah satu maskapai paling sukses di negeri ini, memiliki 4.771 pendaratan – antara 550 kilometer dan 1.100 kilometer panjangnya menghiasi negara bagian utara Meksiko.

“Saya menyediakan heroin, methamphetamine, kokain dan ganja lebih banyak dari siapapun di dunia,” kata Guzmán dalam sebuah wawancara Rolling Stone yang diterbitkan pada bulan Januari. “Saya memiliki armada kapal selam, pesawat terbang, truk dan kapal.”

Dalam tiga tahun pertama masa jabatan Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto (2012-2015) militer merebut 55 pesawat dan menutup 894 tempat pendaratan. Sebagian besar pesawat itu ditangkap di Culiacan, Navolato, dan Ahome – kota di negara bagian Sinaloa, di mana Guzmán tumbuh dan telah dua kali ditangkap.

“Saya pergi ke pangkalan militer tentara Meksiko di Sinaloa, di Culiacan, dan mereka memiliki lebih dari 100 pesawat ringan mereka disita dari pengedar narkoba,” kata wartawan Business Insider Ioan Grillo.

“Mereka benar-benar menempatkan mereka di sebuah pangkalan militer karena pada awalnya mereka telah mereka di bandara biasa, dan pedagang obat datang dan membawa mereka kembali,” tambah Grillo.

Pesawat pengangkut narkoba jatuh
Pesawat pengangkut narkoba jatuh

Melalui undang-undang transparansi, El Universal memperoleh informasi tentang 105 dari pesawat disita sejak tahun 2006 oleh pemerintah Meksiko. Mereka terdiri dari 60 Cessna, dengan 206 Cessna versi paling populer, mungkin karena pintu sisi ganda yang memungkinkan loading cepat dan memungkinkan tangki bensin untuk diperluas, dan kemampuan pesawat untuk lepas landas dan mendarat di landasan pacu hanya sepanjang 300 hingga 400 yard.

“Proses yang paling canggih saat aku berada di Meksiko adalah salah satu kartel membeli komersial pesawat 727 dan caravels buatan Prancis yang bisa bepergian 570 mph,” kata Mike Vigil, mantan kepala operasi internasional untuk Drug Enforcement Administration kepada Business Insider dalam sebuah wawancara.

“Satu-satunya hal yang bisa tinggal dengan [pesawat mereka] adalah jet tempur, dan setiap pesawat akan membawa sekitar 15 metrik ton kokain,” tambah Vigil. “Mereka mendarat di padang gurun dan jika mereka kehilangan pesawat, itu bukan masalah besar karena mereka membeli dengan harga sekitar US$800 ribu, yang bisa ditutup dengan sekali pengiriman obat.” Benar-benar edan!

 

 

3 COMMENTS

  1. Bisnis heroin ganja adalah bisnis hantu dan akan marajai dunia ghaib di amerika latin. Tak pernah lenyap dan terus bergerak cepat menyebar seluruh dunia termasuk ke indonesia sebagai sorga konsumsi empuk heroin. Eksekusi mati ala jokowi gak akan mempan krn pejabat polri dan tni serakah dan senang suap menjadi idolanya. Maka kalau ada rekening gendut tni polri gak perlu kaget…ganja adalah primadona santapan para jendral tni polri..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.