Apa  yang Terjadi Pada Pesawat-Pesawat Tua?

Jumlah uang yang diinvestasikan maskapai untuk membeli pesawat bukan angka yang kecil. Sebuah Boeing 787-9 Dreamliner dijual dengan harga sekitar US$265 juta. Sementara Airbus A380 baru dibanderol dengan harga US$432,6 juta.

Emirates memiliki 75 pesawat Airbus A380 dalam armadanya, dengan pesawat lain masih dalam pesanan. Namun harga pesawat masih jauh di bawah kapal. Sebagai perbandingan kapal pesiar terbesar di dunia, Harmony of the Seas harganya sekitar US$1,35 miliar atau hampir sama dengan tiga A380.

Lalu apa yang dilakukan setelah pesawat mahal itu menjadi tua dan tidak layak lagi untuk terbang? Ada beberapa pilihan.

pesawat tua 2
Sebuah Boeing 727 bekas sekarang menjadi sebuah hotel di pantai Costa Rica.

Pilihan yang paling menguntungkan untuk sebuah maskapai penerbangan adalah menjual pesawat yang pensiun ini ke maskapai lain. Masih banyak penerbangan di dunia ketiga yang beroperasi di bawah aturan yang tidak seketat Eropa dan Amerika. Negara-negara ini menjadi pasar untuk menjual pesawat-pesawat yang sudah hampir pensiun.

Website seperti SpeedNews dan GlobalPlaneSearch.com adalah pasar online di mana pembeli dan penjual pesawat bekas bertemu. Anda mungkin akan bisa mendapatkan sebuah Boeing 737-300 yang telah berusia 17 dengan harga sekitar US$3,9 juta. Atau juga ada yang masih muda seperti Boeing 787 yang masih berusia setahun yang ditawarkan US$ 139 juta.

Opsi berikutnya adalah menyimpan mereka. Ketika sebuah pesawat mulai melewati batas operasional untuk menjaga mereka tetap layak terbang akan semakin mahal. Sementara menyimpan di hangar atau bandara juga akan sangat mahal. Maka kemudian pesawat di simpan di kuburan pesawat. Biasanya nanti jika tidak dijual utuh pesawat akan dijual bagian perbagian untuk berbagai kebutuhan salah satunya mengganti bagian pesawat sejenis  yang masih beroprasi, Item seperti sayap Boeing 737 NG dapat dijual dengan US$650.000 di pasar bekas.

Pesawat di Amerika Utara biasanya akan berakhir di Mojave Air and Space Port di California Timur. Ini hanyalah salah satu dari sejumlah fasilitas penyimpanan yang luas untuk pesawat sipil dan militer yang tersebar di padang pasir selatan-barat Amerika Serikat tetapi Mojave adalah kuburan terbesar untuk pesawat sipil, dengan lebih dari 1.000 pesawat diparkir di bumi dan terbakar sinar matahari.  Cuaca yang tinggi dan kering serta stabil, menjadikan tempat ini cukup ideal untuk menjaga pesawat sampai ada pembeli yang datang.

 Wing House adalah sebuah rumah mewah di Malibu yang dibangun dari Boeing 747.

Wing House adalah sebuah rumah mewah di Malibu yang dibangun dari Boeing 747.

Penyimpanan pesawat ini kadang dilakukan bukan karena pesawat tidak layak terbang, tetapi tingkat kebutuhan pesawat yang berkurang sehingga lebih baik disimpan. Mojave menyediakan fasilitas penyimpanan murah sementara maskapai menunggu peningkatan jumlah kebutuhan pesawat.

Jumlah pesawat komersial yang diparkir di kuburan pesawat kerap digunakan oleh analis industri untuk mengukur kesehatan industri penerbangan. Sebagai buntut dari 9/11, misalnya, ketika permintaan untuk perjalanan udara di AS turun sebesar 30 persen, tempat parkir di gurun membengkak.

Di Eropa, di mana untuk mencari ruang penyimpanan sangat sulit dan menempatkan di ruang terbuka sangat tidak ideal karena cuaca labil, pesawat cenderung untuk didaur ulang dan rusak jauh lebih cepat. Setelah semua komponen berharga diambil sisanya akan dipotong-potong dan dijual dalam bentuk rongsokan.

Australia  juga memiliki kuburan pesawat. Terletak dekat dengan Alice Springs, yang memiliki fasilitas sama seperti di gurun Amerika Utara, fasilitas penyimpanan pesawat Asia Pasifik ini menerima pesawat pertama pada pertengahan 2014, dengan pendatang terbaru adalah armada Qantas dan Tiger Airways.

Pesawat militer mengalami nasib yang sama. Pesawat militer AS yang pensiun biasanya dikirim ke Davis-Monthan Air Force Base yang terletak di sebelah Selatan Tucson, Arizona yang menjadi kuburan  pesawat terbesar di dunia. Fasilitas ini menjadi rumah dari sekitar 4.500 pesawat. Beberapa dibongkar dan bagian mereka diangkut, untuk dijual kepada militer asing yang membutuhkan suku cadang. Pesawat lain yang masih memiliki potensi peran strategis dalam status mothballed yang artinya siap diterbangkan ketika benar-benar dibutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.