AKTIVITAS BROMO : Bandara Malang Kembali Buka Tapi Tetap Hati-Hati

    Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, sudah kembali dibuka. Sebelumnya, bandara ditutup karena abu vulkanik dari Bromo.

    “Diberitahukan bahwa Bandara Abdurahman Saleh Malang dibuka kembali jam 08.00 WIB tanggal 17/07/2016,” kata Menhub Ignasius Jonan, Minggu (17/7/2016).

    Sudah beberapa hari ini Bromo memang ‘batuk’. Akibatnya jalur penerbangan demi keselamatan ditutup lebih dahulu.

    Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG ) sudah menyampaikan rekomendasi agar tak mendekati kawah bromo. Dalam situsnya disebutkan “masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengujung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan wisata itu dalam radius 1 km dari kawah aktif”.

    Kepala BPBD Jawa Timur Sudarmawan membenarkan larangan mendekati kawah Bromo itu. “Dengan memberikan rambu rambu larangan bagi yang tidak punya kepentingan dengan ritual prosesi Kasada serta imbauan keras untuk tidak mendekat ke kawah,” kata Sudarmawan seperti dikutip detikcom, Sabtu (16/7/2016).

    Untuk pemantauan kondisi Gunung Bromo ini, kata dia, pemerintah daerah, BPBD di kabupaten senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Bromo di Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geolog di Bandung.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.