H-9 Kesibukan Bandara Ahmad Yani Meningkat Tajam

Bandara Ahmad Yani Semarang

Memasuki H-9 Idul Fitri, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang mulai terlihat ramai oleh pemudik yang akan berangkat maupun pergi sejak pagi tadi. Staf Kementerian Perhubungan pun meninjau kesiapan bandara menghadapi lonjakan penumpang.

Hingga Senin (27/6/2016) penumpang yang akan berangkat dan penjemput sudah terlihat berkerumun sejak pagi di bagian keberangkatan dan kedatangan. Beberapa di antaranya memanfaatkan posko kesehatan yang didirikan pihak bandara.

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi, Umar Aris, meninjau mulai dari kantor Angkasa Pura 1 hingga terminal bandara dan posko terpadu yang didirikan untuk kesiapan arus mudik.

Umar mengatakan pejabat Kementerian Perhubungan memang dikerahkan ke seluruh Indonesia untuk meninjau persiapan arus mudik dan balik di berbagai moda transportasi. Para pejabat Kemenhub juga diharuskan memberikan jalan keluar jika menemukan permasalahan.

“Sesuai instruksi Menteri Perhubungan, mulai eselon I, eselon II, dan eselon III melakukan peninjauan di lapangan. Pada hakikatnya meninjau untuk melihat kesiapan kawan-kawan di lapangan,” kata Umar seperti dikutip detikcom, Senin (27/6/2016).

“Tidak hanya memantau, perintah Menhub, kalau ada hal-hal yang dirasakan kurang lancar, maka kita berikan jalan keluar,” tegasnya.

Setelah meninju Bandara Ahmad Yani didampingi General Manager Angkasa Pura I, Priyo Jatmiko, Umar menyatakan bandara tersebut sudah siap melayani pemudik tahun ini. Berikutnya ia akan meninjau lokasi lain yaitu di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Stasiun Tawang atau Poncol.

“Hambatan tidak ada, peralatan sudah disiapkan, SDM handal disiapkan. Insya Allah sebagaimana diharapkan, pertama keselamatan, keamanan penerbangan dan pelayanan. Tolong informasikan kalau ada hambatan, akan direspon,” pungkasnya.

Sementara itu Priyo menegaskan pihak manajemen Angkasa Pura I sudah menyiapkan segala hal untuk menghadapi arus mudik dan balik.

“Kami siap melaksanakan tugas mulia memberikan pelayanan pengguna jasa bandara melalui posko mudik dan posko arus balik. Insya Allah akan menjalankan dengan ikhlas sesuai fungsi,” tandas Priyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.