206 Awak Pesawat Sipil Dicek Urine, 1 Positif setelah Minum Obat Batuk

Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri memeriksa urine kru pesawat dan kapal di Batam untuk memastikan tidak akan ada seorang pun dibolehkan bertugas bila positif mengonsumsi narkoba.

“Kami ingin memastikan seluruh kru pesawat dan kapal bebas dari segala jenis narkoba. Maka tes ini kami lakukan,” kata Kepala BNN Kepri, Kombes Pol Benny Setiawan di Batam, Jumat.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, 206 orang yang menjalani tes urine di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Pelabuhan Internasional Batam Centre, Pelabuhan Sekupang dan Telaga Punggur.

Di Pelabuhan Internasional Batam Centre, terdapat satu orang yang diindikasikan positif. Namun ternyata sedang sedang  batuk dan mengonsumsi obat sesuai dengan resep dokter sehingga tidak direhabilitasi.

“Ini juga sebagai bentuk antisipsi supaya selama kegiatan mudik ini tidak terjadi kecelakaan yang dikarenakan pilot, nahkoda, atau kru lain menggunakan narkoba,” kata dia seperti dikutip Antara, Jumat (24/6/2016).

Berdasarkan data dari BNNP Kepri di Bandara Internasional terdapat 57 orang yang tes urine 20 orang laki-laki dan 37 perempuan terdiri dari pilot, pramugari/ra, dan petugas penerbangan lain.

Sementara di Pelabuhan Internasional Batam Centre yang melayani pelayaran Batam-Singapura dan Batam-Malaysia sample yang diambil sebanyak 47 orang. Sisanya dari Pelabuhan Sekupang dan Telaga Punggur.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Batam menginginkan agar selama musim Mudik-Balik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah tidak terjadi kecelakaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.