Tower ATC Mobile Terminal 3 Ultimate Ditarik untuk Dioptimalkan

5 Maskapai Kena Dampak Pembatasan Pergerakan Pesawat di Soetta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menarik Tower ATC Mobile yang dipasang pada Terminal 3 Ultimate Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta, Cengkareng. Alasan penarikan disebut untuk optimalisasi peralatan.

ATC mobile merupakan radar untuk memantau kegiatan di darat wilayah sisi udara (airside). Misalnya untuk pergerakan pesawat, mobil, sepeda motor serta penumpang.

Penarikan dilakukan sekitar pukul 17.00 WIB oleh beberapa petugas Kemenhub. ATC mobile dibawa kembali menuju Balai Teknik Penerbangan.

“Tadi memang sekitar jam 5 sore dilakukan penarikan ATC mobile oleh personel Kemenhub,” ungkap Haerul Anwar, Manager Public Relation PT Angkasa Pura II seperti dikutip detikcom, Senin (20/6/2016).

ATC mobile adalah milik kemenhub yang disewakan kepada AP II untuk keperluan terminal. Terkait dengan penarikan, pihak dari kementerian tidak menjelaskan secara jelas alasan penarikan. Begitu juga dari surat resmi yang disampaikan kepada AP II.

“Secara teknis mereka tidak menjelaskan. Tapi surat dari kemenhub itu hanya tertulis bahwa penarikan dilakukan dalam rangka optimalisasi peralatan sampai batas waktu belum diketahui,” paparnya.

ATC mobile merupakan salah satu permintaan dari kementerian agar segera dipenuhi untuk syarat keamanan terminal. Di samping juga kesiapan kelistrikan.

“Dari mandatory yang disampaikan kemenhub sudah dipenuhi baik dari genset maupun ATC,” tegas Haerul.

Pihak perseroan tetap melanjutkan kegiatan untuk kesempurnaan terminal 3. Permintaan pendampingan juga telah disampaikan kepada kementerian agar bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“AP II tetap melaksanakan kegiatan untuk kesempurnaan terminal 3. Perihal ditarik peralatan itu menjadi kewenangan kementerian. Kita tinggal menunggu saja,” tukasnya.

Sejumlah petugas Kemenhub yang dimintai keterangan enggan menjawab pertanyaan wartawan terkait hal ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.