Boeing Kenalkan Sistem Robot Canggih untuk Ngebor Sayap 737

    Produksi Boeing 737 Max di Renton Amerika Serikat.

    Boeing 737 mengenalkan sistem penggunaan robot canggih Spar Assembly Line (Sal) untuk mengebor lubang di bagian sayap.

    Seperti dikutip The National Business, Senin (20/6/2016) Langkah penggunaan robot ini membuktikan bahwa produsen jet asal Amerika Serikat (AS) ini terus berinovasi. Boeing ingin produk 737 nan legendaris ini dibuat dengan sentuhan serba otomatis.

    Tahun lalu, Boeing mulai menggunakan sistem otomatis yang dikenal sebagai Panel Assembly Line (Pal) untuk mengebor lubang dan menginstal bagian pengencang di panel sayap dari 737 jet di perusahaan Renton, Washington.

    Sementara perubahan yang dilakukan adalah sistem yang akan datang menggunakan Spar Assembly Line (Sal). Sistem ini tidak akan melaksanakan semua tugas yang dilakukan oleh Pal tetapi akan mempercepat pengeboran dan menginstal baut di spar sayap di sekitar setengah ruang yang digunakan oleh generasi mesin sebelumnya.

    Juru Bicara Beoing mengatakan, untuk saat ini pabrik fokus untuk memperbaharui jalur perakitan spar. Boeing mengatakan otomatisasi yang lebih besar akan meminimalisasi gangguan produksi. Tak hanya itu sistem ini juga menekan kemungkinan adanya kerusakan kecil. Otuput dari penggunaan sistem ini adalah hasil produksi yang lebih akurat dan tepat.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.