Kualanamu dan Soekarno Hatta Raih Award untuk Kepuasan Pelanggan

5 Maskapai Kena Dampak Pembatasan Pergerakan Pesawat di Soetta

Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) meraih penghargaan kualitas pelayanan atau Service Quality Award 2016 kategori Diamond yang merupakan penghargaan di bidang kepuasan pelanggan.

Direktur Pelayanan dan Fasilitas Bandara AP II Ituk Herarindri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, mengatakan Bandara Soekarno-Hatta mendapat penghargaan tersebut untuk pelayanan pelanggan di bandara lokal (Domestic Airport) setelah meraih poin indeks kualitas pelayanan (SQ Index) sebesar 4.0070.

Adapun Bandara Kualanamu meraih penghargaan serupa untuk pelayanan pelanggan di bandara internasional (Internasional Airport) dengan poin SQ Index sebesar 4.0800.

Penghargaan ini akan semakin mendorong kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan ketika mereka berada di bandara AP II,” katanya seperti dikutip Antara, Jumat (17/6/2016).

Ituk berjanji akan memperbaiki dan meningkatkan layanan dan fasilitas guna kenyamanan seluruh pelanggan, baik pengunjung bandara maupun penumpang pesawat.

“Di sisi lain, dengan diraihnya penghargaan ini maka kami semakin optimistis bahwa Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu akan mampu mendapat sertifikasi Bintang 5 dari Skytrax dan sejajar dengan bandara-bandara berkelas dunia lainnya,” jelasnya.

Service Quality Award merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada Perusahaan/Merek yang mampu menghadirkan kepuasan bagi pelanggannya. Adapun penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Riset SQ Index.

Riset SQ Index untuk penghargaan tahun ini diadakan di empat kota besar yakni Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang pada periode Januari – Maret 2016.

Metode yang digunakan dalam riset adalah survei wawancara tatap muka yang melibatkan lebih dari 3.000 responden.

Adapun SQ Index dibentuk dari dua dimensi yaitu Perceive Service Quality (PSQ) atau persepsi pelanggan terhadap layanan yang mereka nikmati, dan Perceived Service Value (PSV) atau persepsi pelanggan mengenai kesetaraan uang yang mereka keluarkan dibandingkan dengan layanan yang mereka nikmati.

“Melalui riset yang mendalam untuk mengetahui kepuasan pelanggan, kami meyakini Service Quality Award dapat menjadi tolok ukur bagi suatu perusahaan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat,” katanya.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.