Menhub Nggak Yakin Terminal 3 Ultimate Soetta Bisa untuk Mudik , Angkasa Pura II Yakin Bisa

5 Maskapai Kena Dampak Pembatasan Pergerakan Pesawat di Soetta

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengkritik kesiapan Terminal 3 Ultimate Bandara Seokarno-Hatta dan menilai belum siap untuk digunakan pada mudik tahun ini. Namun Dirut Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi optimistis, Terminal 3 Ultimate itu bisa segera diresmikan dan digunakan untuk sarana mudik 2016.

Terminal 3 Ultimate ini sendiri rencananya akan diresmikan pada 20 Juni 2016. Bahkan Presiden Joko Widodo saat meninjau kesiapan terminal tersebut pada Rabu (11/5) lalu berharap agar bisa dioperasikan sebelum Lebaran Idul Fitri 2016.

Dikatakan Budi Karya, jika seluruh permasalahan yang dikeluhkan oleh Menhub Jonan bisa diselesaikan dengan baik oleh pihaknya, maka tidak ada alasan untuk tidak mengeluarkan izin operasi Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta itu.

“Kalau kita bisa menyelesaikan masalah ini, jadi tidak ada alasan untuk tidak mengeluarkan izin. Insya Allah kita bisa selesaikan persoalan itu dan Kemenhub bisa mengapresasi kerjaan kita dan izin bisa dikeluarkan tanggal 16 Juni 2016, sehingga pada tanggal 20 Juni 2016 sudah bisa beroperasi,” ujar Budi Karya seperti dikutip detikcom, Selasa (14/6/2016).

“Kita akan all out mengerjakan semua permasalahan di terminal tersebut dan menjadikan Terminal 3 Ultimate sebagai hadiah Lebaran Idul Fitri 2016,” tambahnya.

Jika nanti izin diberikan, kata Budi Karya, nantinya pengoperasian terminal tersebut akan dilakukan secara bertahap. Rencananya maskapai Garuda Indonesia akan membuka pelayanan untuk 5 rute di terminal itu.

“Terminal itu akan kita operasikan secara bertahap. Saya pikir kita harus pertimbangkan proses soft opreration. Dari diskui dengan Garuda Indonesia, pertama kali kita akan terbangkan ke 5 destinasi. Kita harapkan ini jadi momentum kita bisa operasikan dengan baik. Setelah Lebaran nanti kita pindahkan semua penerbangan Garuda Indonesia ke Terminal 3 Ultimate. Jadi ini bertahap. Saya yakin dengan fasilitas kita yang relatif modern semua dan bandaranya juga besar, jadi operasi dengan skala 5 destinasi ini bisa berjalan dengan lancar,” jelas Budi Karya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.