Gagal Landing, Pesawat AMA Tabrak Rumah Warga di Papua

Pesawat AMA nomor registrasi PK-RKC jenis Cessna 208B mengalami gagal landing dan menabrak rumah warga di sekitar Lapangan Terbang Lolat, Kabupaten Yahukimo, pedalaman Papua, Selasa (14/6/2016).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol, Patrige Renwarin mengatakan, pesawat itu gagal landing dan menabrak rumah warga. Tujuh orang dikabarkan menjadi korban. “Dua orang pilot atas nama Brian Potingger dan seorang yang belum diketahui namanya, serta warga menjadi korban, namun informasi awal tidak ada yang meninggal, hanya luka-luka,” kata dia.

Direktur AMA Papua, Djarot Soetanto menegaskan tidak ada korban meninggal dalam kecelakaan itu.

“Tidak ada yang meninggal, namun ada dua korban yang berada di honai [rumah khas pedalaman Papua] saat insiden itu terjadi dan kini sudah dievakuasi ke Wamena untuk mendapatkan perawatan intensif,” kata Djarot.

Dikatakannya, saat insiden itu terjadi pesawat membawa dua penumpang namun kondisi mereka bersama pilotnya selamat.

Ketika ditanya penyebab kecelakaan, Djarot mengaku, tidak mengetahui dengan pasti dan masih menunggu hasil penyelidikan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Cuaca di kawasan itu memang sering kali berubah sehingga penerbangan hanya dilakukan pagi hari sebelum pukul 09.00 WIT, namun saat insiden terjadi cuaca dilaporkan cerah,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.