Beluga, Si Paus Putih dari Langit

Ini adalah paus putih dari langit dan salah satu pesawat paling langka dan paling dicintai oleh penggemar penerbangan.

beluga 6

Airbus A300-600ST yang dikenal sebagai “Beluga” karena kemiripannya dengan paus putih Arctic, adalah pesawat jet transporter berukuran super jumbo.

beluga 4

Lima dari pesawat besar membuat lebih dari 60 penerbangan setiap minggu untuk membawa suku cadang untuk semua pesawat Airbus dari berbagai situs manufaktur. Pesawat mengambil sayap di Inggris, ekor di Spanyol untuk dibawa ke fasilitas perakitan akhir di Toulouse, Hamburg atau Tianjin.

beluga 2

Pesawat telah dalam pelayanan sejak tahun 1994, tetapi ternyata jumlahnya belum cukup. Sejak penerbangan perdana pesawat itu, tingkat produksi Airbus telah meningkat lima kali lipat, sehingga armada baru direncanakan akan dibangun untuk memenuhi permintaan.

beluga 5

“Kebutuhan untuk Beluga baru datang dengan peningkatan tingkat produksi,” kata Stephane Gosselin, kepala Transportasi Internasional Airbus sebagaimana dikutip CNN beberapa waktu silam.

beluga 8

Beluga dioperasikan oleh tiga awak yang terdiri dari dua pilot dan seorang loadmaster.  Pesawat ini sebenarnya adalah jet Airbus A300-600 yang telah dimodifikasi untuk membawa kargo besar.

beluga 7

Bagian atas pesawat itu dipotong dan ada tambahan di bagian badan pesawat yang lebih luas hingga menyerupai gelembung memberikan punuk yang khas.

Sementara kokpit diturunkan, sehingga memungkinkan untuk kargo yang akan dimuat dan dibongkar melalui bagian depan pesawat.

beluga 5

Hasilnya adalah ruang kargo sangat luas yakni lebih dari 1.400 meter kubik atau setara dengan 671 orang, 36 mobil atau tujuh gajah.

“Kesan Anda [ketika pintu kargo terbuka] adalah volume besar seperti katedral,” kata Gosselin.

Payload maksimum Beluga mencapai 47 ton yang membuatnya cocok untuk mengangkut kargo besar  tapi tidak terlalu berat seperti suku cadang pesawat.

beluga 3

Beluga dapat membawa sayap sebuah pesawat A340 atau bagian badan pesawat untuk pesawat berbadan lebar Airbus  A350.

Tapi itu tidak cukup besar untuk mengangkut bagian A380 yang super jumbo. Hingga bagian ini biasanya dikirim dengan perahu dan jalan darat.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.