BANDARA SOETTA : Penerbangan Internasional di Terminal 3 Mulai Maret 2017

Seluruh penerbangan internasional akan beroperasi di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta mulai Maret 2017.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi saat diskusi di Jakarta, Kamis (9/6/2016) mengatakan penerbangan internasional yang akan lebih didahulukan, yaitu penerbangan Garuda Indonesia yang direncanakan akan beroperasi pada Agustus 2016 mendatang.

“Penerbangan internasional Garuda akan lebih cepat, yaitu Agustus tahun ini dan keseluruhan penerbangan internasional Maret 2017,” katanya seperti dikutip Antara.

Namun, lanjut dia, untuk penerbangan domestik direncanakan akan beroperasi pada 20 Juni 2016 setelah izin operasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan hasil “commissioning” atau pengujian operasional secara riil selesai.

“Untuk tahap awal kita operasikan dulu tujuh sampai sembilan rute-rute domestik yang padat,” katanya.

Budi mengungkapkan pihaknya mendahulukan rute-rute ramai guna memecah penumpukan dan kepadatan di Terminal 2.

Dia menambahkan pengoperasian awal pada “shadow operation” tersebut juga ditujukan untuk mengantisipasi kepadatan pemudik Lebaran 2016 yang diperkirakan meningkat hingga 10 persen di Bandara Soetta dan rata-rata lima persen di 12 bandara di bawah operasi AP II lainnya.

“Tahun ini ada peningkatan lima hingga 10 persen penumpang, kalau menumpuk di satu titik tertentu, sementara tanggal 29 ini sudah muncul kepadatan mudik, jadi harus kita perhatikan,” katanya Dia akan berdiskusi dengan Garuda Indonesia terkait rute-rute padat yang akan dioperasikan dalam waktu dekat ini.

“Contohnya Padang, tadinya hanya dengan ‘narrow body’ [pesawat berbadan sedang], tapi saat ini dengan wide body pesawat berbadan lebar’, kita akan bicarakan rute yang mana yang mengalami kenaikan,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.