KPPU Pertanyakan Penutupan Sejumlah Rute Penerbangan

    Lion & AirAsia Pastikan Operasional Tetap Normal Pasca-Pembekuan

    Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berencana memanggil maskapai penerbangan Lion Air terkait penutupan 127 frekuensi beberapa rute penerbangan selama periode 18 Mei-17 Juni 2016. Ini merupakan pemanggilan kedua, setelah sebelumnya manajemen Lion Air mangkir di panggilan pertama.

    Ketua KPPU Syarkawi Rauf saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR mengaku, pihaknya sudah memanggil Lion Air sehubungan dengan penutupan frekuensi penerbangan selama sebulan. Hal ini berkaitan dengan tingginya permintaan kursi penerbangan dari masyarakat saat puasa dan Lebaran.

    “Pihak Lion Air sudah kita panggil dalam rangka penelitian atas penutupan frekuensi pada beberapa rute penerbangan. Tapi saya dapat informasi dari investigator, bahwa Lion Air melalui kuasa hukumnya belum bersedia datang. Minta di-reschedule, dan nanti kami akan melakukan panggilan lanjutan,” tegas Syarkawi seperti dikutip liputan 6.com, Selasa (7/6/2016).

    Lebih jauh dia bilang, KPPU ingin mencari tahu dan mendalami penutupan 127 frekuensi penerbangan milik Lion Air. Sebagai perusahaan yang mendominasi industri penerbangan nasional, Lion Air tidak dapat seenaknya mengurangi kursi penerbangan bagi masyarakat, apalagi menyambut puasa dan Lebaran.

    “Kami ingin tahu sebagai perusahaan dominan tidak boleh memanfaatkan posisi dominannya dengan mengurangi pasokan kursi ke konsumen. Karena Lion Air di beberapa rute, bukan lagi duopoli tapi sudah monopoli,” dia menegaskan.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.