Dan Inilah MC-21, Pemain Baru dari Rusia

Dan Inilah MC-21, Pemain Baru dari Rusia

Pesawat penumpang jarak pendek dan menengah terbaru Rusia MC-21 yang dibangun di pabrik Irkut Corporation ditampilkan untuk kali pertama pada hari Rabu (08/06/2016) di kota Irkutsk Rusia. Irkut Corporation, yang merancang pesawat baru, merupakan bagian dari United Aircraft Corporation.

Irkut MC-21 adalah pesawat bermesin ganda jarak pendek dan menengah yang ditetapkan untuk menggantikan Soviet Tu-134 dan Tu-154 pesawat dan analog dari barat.

Pesawat MC-21 direncanakan untuk take off pertama tahun ini sementara seri produksi pesawat yang direncanakan akan dimulai setelah 2020.

Saat ini, Irkut memiliki 286 pesanan untuk pesawat MC-21. Dari jumlah ini, kontrak akhir ditandatangani untuk pengiriman 175 pesawat sementara kontrak untuk 110 pesawat lain baru pada perjanjian awal. Di antara pelanggan asing potensial adalah maskapai dari Tanzania, Iran, Indonesia dan Arab Saudi.

Dalam banyak hal, MC-21 tampaknya menawarkan tantangan berat. Dilengkapi dengan sepasang mesin Pratt & Whitney sebagai salah satu pilihan powerplant, MC-21 memiliki keunikan dengan sayap komposit yang meningkatkan daya angkat pesawat.

Lebih dikenal sebagai rumah manufaktur bagi para jet tempur Sukhoi dan pesawat pelatih Yakovlev, Irkut telah banyak berinvestasi dalam teknologi manufaktur untuk mendukung program MC-21.

Tapi MC-21 juga menghadapi banyak tantangan untuk melawan dominasi Airbus dan Boeing. MC-21 juga sepertinya akan berurusan dengan masalah-masalah politik. Sejak runtuhnya nilai mata uang rubel dimulai pada tahun 2014, Federasi Rusia telah menetapkan kebijakan nasional menggantikan barang impor dari Barat dengan teknologi yang bersumber secara lokal.

Pemasok barat berkontribusi beberapa sistem penting untuk MC-21, termasuk avionik, landing gear, hidrolik, sistem listrik dan mesin. Menggantikan mereka dengan pemasok asal Rusia secara signifikan dapat menunda program dan meningkatkan biaya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.