Genjot Jumlah Penumpang, Emirates Adopsi Formasi Tim Sepak Bola 3-4-3 Plus

    A380 emirates, Etihad, Airways

    Formasi 3-4-3 adalah konfigurasi populer di tim sepak bola. Maskapai asal Dubai, Emirates mengadopsi formasi ini untuk meraih hasil optimal untuk pesawat berbadan jumbo, Airbus A380.

    Formasi yang dimaksud adalah formasi tempat duduk di dalam kabin penumpang. Bedanya, Emirates memberi sentuhan tambahan khusus. Jika formasi sepak bola 3-4-3 adalah formasi pemain di lini belakang, tengah dan depan tanpa menyertakan kiper, Emirates mengubahnya. Formasi diubah “dengan menyertakan kiper” sehingga menjadi 3-4-3 plus.

    Kursi plus ini ditempatkan di tengah sehingga formasi termodifikasi menjadi 3-5-3. Formasi ini menurut manajemen Emirates diperlukan agar maskapai bisa menjadi pemenang di perebutan penumpang pesawat udara. Pendek kata, semakin efisien mamanfaatkan tempat, jumlah kursi maksimal tentu akan memaksimalkan keuntungan.

    Dengan foromasi kursi di kabin seperti ini, maka setiap baris di dalam kabin jumlah penumpang adalah 11 penumpang (selayaknya tim sepak bola). Nah tinggal dikalikan dengan berapa baris jumlah maksimal yang bisa ditampung A380. Yang pasti, bisa mencapai 600 penumpang.

    Kiran Rao, Direktur Strategi Marketing Emirates seperti dikutip The National Business, Senin (6/6/2016), menjelaskan tahun lalu, Emirates menggunakan dua kelas untuk kabin A380 termasuk 58 flast khusus di kelas bisnis. Total jumlah kursi yang tersedia mencapai 557 kursi kelas ekonomi. Dengan formasi baru 3-5-3 diharpakan jumlah kursi bisa ditambahkan lagi.

    Emirates tercatat menjadi salah satu maskapai terbanyak pengguna A380. Saat ini maskapai ini total mengoperasikan sebanyak 142 unit pesawat A380. Sebagian besar pesawat super jumbo ini melayani rute internasional ke berbagai penjuru kota di dunia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.