Wah, Petugas ATC Lamar Pacarnya di dalam Pesawat Lewat Saluran Komunikasi Pilot

Ini Teknologi Digitalisasi ATC di Kanada

Bryson Katzel, petugas pengendali lalu lintas udara (Air Traffic Controller/ATC) di Bandara Internasional Vancouver, British Columbia, Kanada, menyuguhkan drama romantis di dalam pesawat yang sedang dinaiki pacarnya, Christine Waters, yang terbang dari Montreal.

Cerita ini memang terjadi sudah lama, pada 2006. Namun momen percakapan singkat dua orang yang sedang kasmaran itu bisa membuat hati Anda yang suka romantisme jadi meleleh.

Dalam sebuah video berisi transkrip percakapan ATC dan seorang pilot Air Canada, Katzel semula curhat ke pilot ia sangat gugup dan tidak berani melamar pacarnya di dalam pesawat yang diterbangkan sang pilot. Video mencatat percakapan itu terjadi setelah pesawat mendarat sukses pada frekuensi terpisah, sehingga percakapan pribadi dari petugas ATC yang melintas ke kabin pesawat itu dianggap tidak berisiko pada keamanan penerbangan.

“Pacarku ada di pesawatmu dan aku akan melamarnya saat Anda berada di udara,” katanya kepada pilot. “Tapi aku takut.”

Kru penerbangan AC187 pun langsung merespons. “Ayolah! Itu sangat buruk, sangat-sangat buruk. Beri tahu kami namanya dan kami akan mengatakan kepadanya.”

Suara Katzel pun kemudian diteruskan ke speaker kabin pesawat oleh si pilot. Dan dia pun dengan lancar mengajukan lamaran kepada pacarnya yang duduk di kursi 25C di pesawat itu. Begini yang Katzel katakan:

Selamat malam, bapak dan ibu semua, saya pengendali lalu lintas udara Anda, saat ini berbicara kepada Anda dari menara kontrol di sini, di bandara Vancouver. Saya harap Anda semua telah menikmati penerbangan malam ini dengan Air Canada dari Montreal, dan saya menyambut anda semua di Vancouver. Alasan saya berbicara kepada Anda adalah karena ada seorang wanita yang sangat khusus bagi saya pada penerbangan malam ini. Namanya Christine Waters. Christine, bisakah mengangkat tanganmu, please? Berdirilah, biar semua orang bisa melihatmu. Christine, aku mencintaimu setengah mati, aku tidak bisa membayangkan hidupku tanpamu. Kamu tak bisa melihatku saat ini, tapi aku sekarang sedang berlutut dan aku memegang cincin. Christine, maukah kamu membuatku menjadi pria terbahagia di dunia dan menjadi istriku? “

Pilot pun meneruskan jawaban Christine melalui saluran komunikasi kepada Ketzel.  Menurut pilot, wanita pujaan hati petugas ATC langsung menyahut ‘Ya!’ dengan begitu keras.

Suasana riuh penumpang pun langsung terjadi di kabin. Para penumpang bertepuk tangan sambil memuji percakapan romantis Ketzel dan pacarnya melalui komunikasi yang dilakukan lintas saluran tersebut. Berikut videonya:

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=-IS5dCkGXZI[/embedyt]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.