Gagal Walk In Interview SQ? Tenang, Garuda Sudah Menantimu…

Pramugari Garuda

Beruntunglah bagi Anda yang benar-benar lagi ngebet pengin melamar pekerjaan jadi pramugari. Pada Mei ini, selain Singapore Airlines (SQ), Garuda Indonesia Airlines (GIA) juga membuka kesempatan bagi wanita muda Indonesia untuk bergabung menjadi kru kabin diĀ maskapai bintang lima dunia ini.

Jarak penyelenggaraan rekrutmen ini sangat berdekatan. SQ membuka Walk In Interview padaĀ pada Sabtu 21 Mei 2016, sedangkan GIA akan menggelarnya pada 24 Mei 2016 pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB di Auditorium Gedung Manajemen Garuda City, Jalan M1, Area Perkantoran Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.Ā [Baca: Walk In Interview Kru Kabin SQ di Jakarta, Siapkan Sejumlah Hal Ini]

Jadwal rekrutmen yang selisih hanya tiga hari iniĀ tentu menguntungkan bagi pelamar dari luar Jakarta, terutama dari daerah yang jauh di luar pulau. Setidaknya jika sudah terlanjur mencoba Walk In Interview SQ dan gagal, bisa langsung mencoba lagi di GIA tanpa jeda waktu yang begitu lama. Tidak perlu bolak-balik ke daerah dan ke Jakarta lagi.

Untuk kualifikasi yang diinginkan Garuda sebagai pramugari mereka tak jauh amat dari kualifikasi yang diminta SQ. Malah Garuda dalam pengumumannya memberikan lebih detail hingga dress code apa yang harus dipakai. Ini dia kualifikasinya:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Wanita
  3. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 27 tahun atau maksimal 33 tahun (khusus bagi yang sudah berpengalaman sebagai pramugari)
  4. Berpenampilan dan berkepribadian menarik
  5. Single
  6. Sehat jasmani rohani
  7. Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat namun diutamakan lulusan D3 ke atas
  8. Mampu berbahasa Inggris dengan baik, lisan maupun tulisan (diutamakan yang juga memiliki kemampuan bahasa asing lainnya.
  9. Tinggi badan minimal 158 dan maksimal 172 cm dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional.
  10. Tidak menggunakan kacamata, tapi diperkenankan memakai lensa kontak dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C-1.00.

Jika sudah merasa memenuhi semua kualifikasi tersebut, pelamar diminta membawa sejumlah berkas yakni: surat lamaran, curriculum vitae, KTP, fotokopi ijazah terakhir, dan foto berwarna seluruh badan ukuran postcard (1 lembar) dan foto close up ukuran 3X4 (2 lembar). Semua dokumen itu diserahkan saat registrasi pada 24 Mei.

Dress code juga ditentukan secara rigid oleh Garuda dalam pengumumannya di career.garuda-indonesia.com. Saat mengikuti Walk In Interview, pelamarĀ diharuskanĀ berpakaian rapi, memakai blus lengan pendek warna terang dan rok sebatas lutut warna gelap, memakai sepatu pantofel high heels, menggunakan make-up dengan kesan natural dengan rambut tertata rapi (rambut panjang diikat).

Dress code ini justru tidak ditentukan dalam pengumuman Walk In Interview SQ. Jadi pelamar SQ harus mengira-ira sendiri baju apa yang pantas dan membuatnya tampak menjadi pribadi lebih menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.