Penumpang Asing Lolos Pemeriksaan Imigrasi adalah Kesalahan Fatal

Penerbangan murah

Insiden kesalahan angkut penumpang penerbangan internasional Lion Air ke terminal domestik di Bandara Soekarno-Hatta langsung memicu reaksi.

Otoritas Bandara Soekarno-Hatta, rencananya akan memanggil sejumlah pihak yang berperan dalam kelalaian prosedur tersebut untuk diinvestigasi.

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan, bukan hanya dari maskapai penerbangan yang lalai dalam hal ini. Ia menyebut setidaknya ada empat pihak yang berperan sehingga kesalahan prosedur ini terjadi.

“Satu dari pihak Lion Air. Dua, dari pihak ground handling yang mengatur bagasi dan sebagainya, juga dari pihak Angkasa Pura soal pengawasannya. Satu lagi pihak otoritas bandara,” kata Alvin, Minggu (15/5/2016).

Alvin melanjutkan, peristiwa lolosnya penumpang asing beserta barang bawaannya dari pemeriksaan merupakan insiden yang serius. Sebab, jika para penumpang tersebut terdapat orang maupun barang yang berbahaya, maka dampaknya bisa sangat mengkhawatirkan.

“Saya menilai peristiwa ini sangat serius, karena bisa meloloskan orang asing tanpa melalui screening imigrasi dan barang tanpa melalui bea cukai. Kalau manusia dan barang yang dilarang atau berbahaya yang masuk, dampaknya akan serius,” lanjut dia.

Alvin menilai ada yang tidak beres dalam koordinasi antara lembaga-lembaga yang bertugas melakukan pengawasan di Bandara Soekarno-Hatta, sehingga perlu ditinjau kembali sistem operasional di sana. Ia pun menyarakankan agar pihak maskapai Lion Air terutama, untuk mengevaluasi internal manajemennya, agar kesalahan fatal semacam ini tak kembali terulang.

“Saya kira perlu meninjau kembali sistem operasional di bandara Soekarno-Hatta untuk mencegah hal-hal seperti ini terjadi ke depan. Lion Air juga, ini kan kelalaian yang sengat serius, perlu dievaluasi manajemen mereka,” tutup Alvin.

[Baca juga: Lion Air Keliru antar Penumpang Internasional ke Terminal Domestik]

Insiden yang menyangkut keamanan nasional ini muncul ke permukaan setelah seorang pengguna Facebook bernama Zara Zettira menuliskan pengalaman salah satu temannya.

Disebutkan Zara, pesawat Lion Air JT 161 mengangkut anak temannya yang bernama Natalie, dari Singapura pada 10 Mei 2016 lalu. Saat mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Natalie disebutkan tak diarahkan petugas untuk melakukan pengecekan di imigrasi.

Dalam postingannya, Zara juga mempertanyakan bagaimana hal itu bisa terjadi. Sebab hal itu merupakan ancaman terhadap keamanan nasional. “Bagaimana jika terjadi ada warga negara asing penyusup tanpa izin?” Demikian Zarra mempertanyakan. (SUMBER: okezone, kompas)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.