Lebaran, Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta Sudah Layani Pemudik

AirAsia & Sriwijaya Bakal Digeser ke Terminal 2 Soetta

Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten dipastikan sudah bisa digunakan para pemudik pada Lebaran 2016 mendatang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan terminal 3 ultimate ditargetkan selesai pada akhir Mei 2016 mengejar waktu operasi Terminal 3 Ultimate pada 15 Juni 2016 nanti. Target ini ditentukan sekaligus untuk menyambut penumpang pada masa mudik Lebaran tahun ini.

“Dari evaluasi yang kami lakukan dan kesiapan stakeholder, kami mengambil keputusan bahwa pada 26 Mei, proyek konstruksi Terminal 3 Ultimate harus selesai. Enggak ada cerita enggak selesai,” kata Budi Karya seperti dikutip Kompas.com, Kamis (12/5/2016).

Pengerjaan bangunan terbesar di area Bandara Soetta itu sudah rampung sekitar 98%, dan 2% sisanya tinggal pengerjaan finishing, seperti merapikan area yang masih kotor dan menaruh detail pada interior terminal, seperti signage dan hasil karya seniman asal Indonesia dalam berbagai bentuk.

Sebelum Terminal 3 Ultimate dioperasikan, PT Angkasa Pura II bersama pihak terkait akan melakukan trial atau percobaan operasional terminal. Trial dilakukan dengan mengadakan penerbangan sungguhan dengan melibatkan pihak Garuda Indonesia sebagai satu-satunya maskapai yang akan beroperasi di Terminal 3 Ultimate.
Waktu trial dilakukan 15 sampai 20 hari sebelum terminal beroperasi penuh. Trial ini, kata Budi, untuk mengecek fasilitas di terminal, seperti sistem penanganan bagasi, proses check in dan sebagainya.

Saat Terminal 3 Ultimate beroperasi nanti, semua penerbangan Garuda Indonesia yang kini dipusatkan di Terminal 2 akan dipindahkan ke sana. Penerbangan Garuda Indonesia yang dilayani di Terminal 3 Ultimate adalah penerbangan domestik dan internasional.

Dengan dioperasikannya Terminal 3 Ultimate, Budi yakin bandara tersibuk di Indonesia itu mampu menarik maskapai internasional untuk memilih transit di Indonesia daripada di Singapura.

Dalam hitungan AP II, penumpang yang terbang melewati Jakarta ada 13 juta. Namun sebanyak 13 juta itu tidak mendarat di Soekarno Hatta melainkan di Singapura dan Kuala Lumpur.

Oleh sebab itu, AP II, menargetkan setidaknya sebanyak 3 juta hingga 4 juta akan beralih transit ke Soetta. “Kalau 3-4 juta ke sini, paling enggak 1 juta orang jadi turis. Jadi bisa meramaikan sektor wisata nasional,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.