Jangan Heran, Inilah Ketrampilan Pramugari yang Tak Terduga….

Seorang pramugari bukan hanya dibekali dengan teknik penyelamatan penumpang saja, namun ternyata ada keterampilan tak terduga lain yang terus dilatih. Berikut ini beberapa ketrampilan “tak terduga” yang jarang diketahui penumpang.

1. Mereka bisa menjadi bidan dadakan

Tidak hanya dilengkapi dengan keterampilan menyediakan makanan dan minuman, para perempuan dan pria berseragam itu juga harus mempunyai keahlian membantu persalinan.

Jangan heran jika Anda sedang berada dalam sebuah penerbangan, lalu seorang wanita hamil melahirkan dibantu oleh pramugari. Anda tidak perlu khawatir karena mereka sudah dilatih untuk cepat tanggap.

Awak kabin British Airways
Awak kabin British Airways

2. “Atlet” beladiri yang andal

Tidak hanya bisa menjadi bidan dadakan, kru awak kabin juga dilengkapi dengan pelatihan ilmu bela diri. Jadi jangan mencoba macam-macam dengan mereka.

Maraknya pembajakan dan teroris di dalam pesawat, membuat beberapa maskapai memberikan pelatihan bertarung kepada karyawannya.

3. Bertahan dalam keadaan ekstrem

Hal yang paling mengerikan bagi penumpang pesawat adalah kecelakaan. Mungkin Anda pernah menyaksikan film Alive, yang menceritakan tentang cara bertahan hidup di alam liar setelah kecelakaan pesawat.

Pramugara dan pramugari juga dibekali dengan cara bertahan hidup di alam liar. Mereka bisa menjadi andalan saat Anda berada dalam situasi tersebut.

4. Pemadam kebakaran hebat di ketinggian 35.000 kaki.

Siapa bilang kebakaran hanya terjadi di darat dan di laut. Ternyata di udara pun juga bisa terjadi kebakaran. Saat terjadi kebakaran di dalam pesawat, awak kabin lah yang bertugas memadamkan api.

Bayangkan, pemadam kebakaran mana yang sanggup memadamkan api di ketinggian 35.000 kaki (memang tidak ada). Hanya merekalah yang bisa dan sanggup melakukannya. Mereka diberikan pelatihan secara simultan hingga benar-benar seperti pemadam kebakaran profesional.

5. Paling tahan rayuan dan ahli menolak ajakan para penumpang nakal.

Jika pernah berpikir bahwa pramugari adalah orang-orang yang mudah dirayu oleh penumpang, Anda salah besar. Jangan sekali-kali mengajak mereka untuk berbuat yang tidak senonoh. Selain mereka menolak, Anda bisa kena damprat yang sangat dahsyat.

Awak Kabin Garuda Indonesia
Awak Kabin Garuda Indonesia

6. Apoteker dan Dokter

Para pramugari juga dibekali dengan pengetahuan tentang obat dan penanganan darurat terkait dengan kesehatan. Mereka biasanya sudah menyediakan obat darurat. Meski bersifat sementara namun ketrampilan mereka sangat dibutuhkan jika sewaktu-waktu ada penumpang yang butuh pertolongan. Bahkan j dibanyak maskapai, jika memang penumpang dalam keadaan kritis mereka bisa berkoordinasi dengan pilot untuk mendarat darurat di bandara terdekat.

7.Psikolog yang sabar

Jika Anda tampak cemas dan takut terbang bilang saja kepada pramugari. Maka dengan penuh kesabaran, ia akan memberikan Anda konseling agar Anda bisa lebih tenang menjalani penerbangan.

8. Pengasuh anak yang baik

Bukan hal baru jika ada penumpang anak-anak yang rewel atau bahkan terlihat usil saat pesawat hendak take off ataupun landing. Jika Anda memerlukannya, pramugari bisa langsung turun tangan menenangkan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.