Mengapa Antonov Masih Penting di Dunia Aviasi Modern?

Superstar yang tak diragukan di langit, sebuah pesawat terbesar di dunia, terbang dalam misi langka untuk mengirim barang melintasi tiga benua.

Pesawat kargo Ukraina bernama Mriya adalah salah satu pesawat terbesar di dunia. Pesawat itu mendarat di Praha, Republik Cheska, Selasa (17/5). Penduduk Praha menyaksikan dengan kagum bagaimana burung besi jumbo ini menantang gravitasi sebelum mendarat di landasan Bandara Vaclav Havel, Republik Ceko.

Mriya Antonov An-225, dikembangkan pada 1980-an untuk tujuan penjelajahan ruang angkasa. Ketika program pesawat ulang-alik berakhir, pesawat berubah menjadi burung besi yang paling keren di dunia. Dari Praha, Mriya akan menuju Australia.

Setelah di Republik Ceko, Mriya dijadwalkan berhenti di Turkmenistan, India dan Malaysia sebelum tiba akhir pekan ini dengan tujuan akhir di Perth, pantai barat Australia. Mengapa penerbangan Mriya begitu penting dan menarik?

Kita hidup di zaman ketika sebagian besar pesawat disokong oleh dua atau empat mesin jet.

Rakasa ini memiliki enam mesin. Lebar sayapnya merentang 290 kaki atau 88 meter, nyaris setara lapangan sepak bola. Total berat maksimum saat lepas landas adalah 640 ton. Dua kali lebih berat ketimbang Patung Liberty.

Untuk membawa semua bodinya yang berat, Mriya dilengkapi dengan 32 roda.

Akhir-akhir ini, Mriya mengirimkan barang sekali atau dua kali dalam setahun. Jika Anda memerlukan pesawat untuk mengirimkan benda raksasa, misalnya peralatan industri minyak raksasa atau generator listrik raksasa, Mriya adalah pesawat yang Anda butuhkan.

An-225 memegang rekor dunia penerbangan bermuatan berat. Pada 2004, Antonov mengangkut 247 ton potongan pipa mesin minyak ke Uzbekistan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.