Hampir Bersamaan, 2 Pesawat Dihantam Petir di London

Sebuah badai petir pada tanggal 27 April 2016 dilaporkan menyambar dua pesawat, milik British Airways dan Icelandair di sekitar Bandara Heathrow London. Sebagaimana dilaporkan BBC penumpang melaporkan melihat cahaya terang dan mendengar ledakan keras, tapi tidak ada yang terluka.

Federal Aviation Administration (FAA) mengatakan Live Science sebenarnya tidak biasa petir menyerang beberapa pesawat,

“Kami jarang mendapat laporan dua atau lebih pesawat disambar petir saat mendekati atau lepas landas dari bandara tertentu selama badai,” kata Jim Peters, seorang juru bicara dengan FAA kepada Live Science Jumat (06/05/2016).

Lihat video saat pesawat disambar petir di London:

FAA melalui email menyatakan, secara umum pesawat penumpang besar terkena petir hanya sekali setiap 3.000 sampai 10.000 jam terbang. Itu berarti bahwa pesawat transportasi besar akan disambar petir sekitar sekali setiap satu sampai tiga tahun jika terbang sekitar 3.000 jam terbang per tahun. Sebagai gambaran menurut USA Today sebagian besar pesawat komersial terbang sekitar 3.500 jam setahun.

Maskapai melaporkan sambaran petir tersebut ke produsen pesawat, seperti Boeing, yang membantu melacak serangan.

Untuk penumpang, serangan semacam itu tampak menakutkan, tapi orang-orang di pesawat mungkin tidak akan merasakan sesuatu yang luar biasa, kata FAA. Hal itu karena pesawat dibangun tahan dari hantaman petir.

Ketika petir menyambar, arus listrik yang tinggi mengalir melalui kulit aluminium luar pesawat. Shell logam ini bertindak seperti sangkar Faraday, menjaga arus listrik di luar pesawat.

“Oleh karena itu, para penumpang dan awak tidak mengalami arus tinggi petir,” kata FAA. “Untuk pesawat terbang dibangun menggunakan kulit dan struktur komposit serat karbon, produsen pesawat terbang menambahkan logam, atau lempengan foil di permukaan luar dari struktur pesawat, sehingga arus petir mengalir melalui jala ini.

“Bagian-bagian dari pesawat dilindungi dari kerusakan akibat petir, sehingga biasanya sambaran petir hanya akan menghasilkan noda cat kecil, lubang kecil di bagian aluminium atau delaminasi minor [istilah yang digunakan ketika material komposit rusak] untuk bagian fiberglass,” kata FAA Live.

Namun, para teknisi tetap akan memeriksa pesawat saat sudah mendarat, untuk memastikan bahwa semuanya OK, kata FAA.

Teknisi akan mengikuti protokol yang dikembangkan oleh produsen pesawat, dan protokol ini biasanya melibatkan pemeriksaan visual dari hidung pesawat, ujung sayap dan stabilizer untuk noda cat, pitting atau delaminasi. “Para ahli juga memeriksa onboard, komputer pemeliharaan untuk menentukan apakah ada efek pada sistem listrik pesawat,” kata FAA.

“Bagi sebagian besar serangan pesawat petir, inspeksi hanya menemukan kerusakan cat kecil. Jika kerusakan yang lebih signifikan terjadi, manual pemeliharaan pesawat menentukan prosedur perbaikan yang tepat.”

Itulah yang terjadi dengan pesawat British Airways. “Penerbangan itu mendarat dengan selamat, dan pesawat itu diperiksa dan kemudian dibersihkan untuk kembali ke layanan,” kata seorang juru bicara British Airways kepada Live Science. “Serangan petir cukup umum, dan pesawat yang dirancang untuk mengatasi mereka.”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.