Dihantam Turbulensi Hebat, Hong Kong Air Putar Balik ke Ngurah Rai Bali

    Pesawat Airbus A-330-223 Hong Kong Air terpaksa kembali mendarat di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu (07/05/2016) setelah dihantam turbulensi hebat. Belasan penumpang dan kru mengalami luka.

    Pesawat nomor penerbangan HX6704 mengalami turbulensi sekitar pukul 2.30 WITa atau sekitar satu jam setelah lepas landas dari Ngurah Rai pada pukul 1.30 WITa. Turbulensi terjadi di sekitar langit antara Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, saat pesawat menuju ketinggian 41.000 kaki (sekitar 12,5 km mdpl) dalam kecepatan sekitar 460 knots (sekitar 800 kilometer per jam). Pilot pun kemudian meminta izin return to base (RTB) ke Bandara Ngurah Rai akibat kejadian itu.

    Dihantam Turbulensi Hebat, Hong Kong Air Putar Balik ke Ngurah Rai Bali
    Korban akibat turbulensi Hong Kong Air dievakuasi ke rumah sakit. (FOTO: BPPD Bali)

    Informasi terakhir, penumpang pesawat bernomor registrasi B-LNE itu berjumlah 204 orang dengan 12 kru. Korban luka berat ada tiga orang dan luka ringan berjumlah 14 orang.

    Dari jumlah itu, sebanyak 11 orang dirujuk ke rumah sakit BIMC Denpasar dan sebagian ditangani klinik Bandara Ngurah Rai.

    Dihantam Turbulensi Hebat, Hong Kong Air Putar Balik ke Ngurah Rai Bali
    Perjalanan Hong Kong Airlines B-LNE yang terekam flightradar24. (FOTO: fr24)

    Dengan kejadian pada Sabtu (7/5/2016) dini hari ini, sudah ada tiga kejadian turbulensi pesawat komersial di wilayah langit Indonesia yang memakan korban dalam sebulan terakhir.

    Pertama, Thai Airways Jakarta-Bangkok pada 11 April 2016 lalu, yang terkena turbulensi di sekitar langit Bangka-Belitung. Salah satu penumpangnya terluka berat terlempar ke langit-langit kabin.

    Kedua, peristiwa turbulensi yang menimpa Etihad Airways rute Abu Dhabi-Jakarta pada 4 Mei 2016, juga di atas langit Bangka-Belitung yang memakan 31 korban dengan 9 di antaranya luka parah.

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.