Airbus Resmi Kirimkan Pesawat Pertama Produksi Amerika Serikat

Raksasa dirgantara Eropa, Airbus, secara resmi telah mengirimkan pesawat pertama yang dibuat di Amerika Serikat, Senin (25/4/2016). Pengiriman itu menandai tahapan baru pertempuran pasar penerbangan Airbus di rumah saingannya Boeing.

Airbus menyerahkan jet A321 di pabriknya Mobile, Alabama, untuk operator Amerika Serikat, JetBlue, tiga tahun setelah mulai pembangunan fasilitas dan hanya tujuh bulan setelah diresmikan. “Ini adalah prestasi luar biasa,” kata Chief Operating Officer (CEO) Airbus John Leahy dalam sebuah pernyataan.

Dilaporkan flightglobal, A321 bikinan AS itu telah menjalani penerbangan pertama pada 21 Maret lalu. Pesawat itu bernomor seri 6512 dan pendaftaran N965JT. Pesawat juga telah menjalani serangkain tes setelah itu.

Sembilan pesawat berlorong tunggal keluarga A320 saat ini sedang dibangun. Airbus berencana mengirimkan empat pesawat per bulan pada akhir 2017. Pabrik di Alabama adalah fasilitas ketiga di luar Prancis yang dimiliki Airbus. Produsen pesawat yang dimiliki konsorsium Eropa itu berbasis di Toulouse, Prancis. Pabrik lain di luar negeri adalah di  di Hamburg, Jerman; dan Tianjin, China.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.