10 Mitos & Fakta Penerbangan Versi KLM

Anda yang kerap melakukan perjalanan menggunakan pesawat mungkin pernah mendengar beberapa cerita mengerikan seputar penerbangan. Contohnya sinyal ponsel yang dapat menyebabkan pesawat jatuh hingga tidak adanya baris ke-13 dalam pesawat karena alasan yang misterius.
Apakah hal tersebut fakta yang bisa dijelaskan penyebabnya secara ilmiah atau hanya mitos belaka? Nah untuk mengetahui lebih jauh, berikut ulasan mengenai 10 mitos dan fakta seputar penerbangan beserta penjelasannya dilansir dari blog.klm.com.

1. Anda bisa tersedot di toilet pesawat

Lavatory
Ada anggapan para penumpang bisa terjebak atau tersedot ke dalam closet di toilet pesawat. Anggapan ini hanyalah mitos. Closet di toilet pesawat memang dirancang menggunakan sistem vakum yang menyedot semua kotoran dan menyalurkannya ke dalam sebuah tangki pembuangan besar. Sistem vakum ini dirancang sedemikian canggih dan aman sehingga dijamin tak akan ada penumpang tersedot.

 

2. Salah satu pintu pesawat bisa dibuka selama penerbangan

Pintu pesawat
Hal ini ternyata juga mitos. Pintu pesawat tak bisa dibuka selama penerbangan. Tekanan udara pada ketinggian dapat berdampak bahaya bagi pesawat. Pintu pesawat dapat dibuka hanya pada situasi darurat tertentu. Itupun harus dengan perintah pilot dan hanya awak kabin yang diperbolehkan membukanya.

3. Awak kabin diperbolehkan menangkap penumpang

Pax restraint
Untuk poin yang ketiga ini adalah fakta. Awak kabin memang diperbolehkan menangkap penumpang di pesawat atas permintaan atau instruksi dari pilot (kapten pesawat). Instruksi ini biasanya dikeluarkan jika ada seseorang yang dianggap mengancam keselamatan penerbangan.

 

4. Petir meningkatkan risiko kecelakaan pesawat

Petir
Ternyata ini hanyalah mitos. Petir tidak meningkatkan risiko kecelakaan. Petir memang dapat menyebabkan turbulensi sehingga membuat penumpang tak nyaman. Dapat juga menyebabkan gangguan sistem. Namun tidak sampai berujung pada kecelakaan pesawat.

 

5. Jika lahir di pesawat, Anda bisa terbang gratis sepanjang hidup

Born on a-plane
Hal ini tak sepenuhnya benar. Tak semua maskapai penerbangan mau memberlakukan kebijakan ini. Hanya sedikit orang beruntung saja yang mendapatkannya.

6. Lebih cepat mabuk ketika terbang
Rupanya anggapan selama ini salah. Kebanyakan orang meminum pil tidur sebelum terbang untuk menghindari mabuk. Padahal mereka tak perlu melakukan hal itu. Anda hanya akan merasa sedikit berat di kepala, sesaat saja, karena peralihan tekanan udara dari darat ke angkasa. Namun ini bukanlah mabuk.

 

7. Awak kabin harus memenuhi persyaratan ketinggian

10 Mitos & Fakta Penerbangan Versi KLM
Tes arm reach calon pramugari. (Foto: cabincrewexcellence.com)

Ini memang benar. Awak kabin, baik pramugari maupun pramugara harus memenuhi persyaratan ketinggian mutlak. Mereka harus memiliki tinggi badan antara 158 cm dan 190 cm.

8. Tidak ada baris 13 di pesawat terbang

seat-number-13
Ini fakta. Pada pesawat milik maskapai penerbangan KLM, Anda tidak akan menemukan baris ke-13 karena 13 dianggap sebagai angka sial di banyak negara. Percaya atau tidak, namun ini benar-benar berlaku di beberapa maskapai tak hanya KLM.

9. Pilot memiliki parasut di bawah kursi mereka
Ternyata ini mitos. Tidak ada parasut di bawah kursi pilot. Pesawat memiliki beberapa mesin. Jadi jika salah satu di antaranya mati, masih ada mesin lainnya. Para pilot tak akan langsung terjun ke laut menggunakan parasut.

10. Awak kabin menguasai minimal empat bahasa

10 Mitos & Fakta Penerbangan Versi KLM
Ini hanya mitos. Awak kabin hanya diwajibkan menguasai bahasa Inggris. Dan kebanyakan awak kabin setidaknya menguasai dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan satu bahasa asing lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.