Mengapa Mesin Pesawat Kian Besar?

Pada pandangan pertama, mesin jet komersial mungkin terlihat seperti sebuah benda yang aneh. Hampir segala sesuatu di pesawat terus mengecil dan lebih ramping selama bertahun-tahun. Namun, mengapa mesin malah tambah besar?

Pada dekade 1950-an, pesin Boeing 707 sekitar seperempat kali lebih kecil ketimbang mesin Boeing 777-200LR yang dikembangkan saat ini. Mesin semakin membesar setelah era 707, ditandai dengan kian gedenya mesin Boeing 727, dan membesarnya mesin Boeing 737, serta mesin DC-10 yang dia kali lipat lebih besar ketimbang Boeing 707. Mesin Airbus A330 semakin membesar dan mesin paling besar adalah milik Boeing 777-200LR.

Sebagaimana dilansir huffingtonpost.com, Jumat (15/4/2016), inti dari mesin pesawat modern sebenarnya cukup kecil. Inti mesin yang keluar dari knalpot pesawat kecepatan yang sangat tinggi, yang merupakan bagian dari apa yang membantu sebuah pesawat terbang. Sementara, mempercepat pembuangan pada pesawat yang kecepatan tinggi denganmenggunakan mesin kecil ternyata menghabiskan banyak energi.

Dengan demikian, mesin jet komersial saat ini meliputi kipas angin yang sangat besar di sekitar inti. Kipas itu berfungsi untuk mempercepat pembuangan udara dengan biaya yang rendah.

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.