Baru 135 Pilot Wanita Indonesia Punya Lisensi PPL

Kesempatan berkarier sebagai pilot bagi perempuan Indonesia kian terbuka. Sebagian besar maskapai penerbangan membuka peluang bagi mereka untuk masuk di jajaran ujung tombak perusahaan.

Sekolah-sekolah pilot pun sekarang lebih banyak dibandingkan era 2000-an. Hampir semua sekolah pilot pasti ada siswa perempuan.

Indonesia Women Pilot, asosiasi pilot wanita Indonesia yang dibentuk bertepatan dengan perayaan Hari Kartini 2014, mencatat, saat ini ada 135 pilot perempuan di Indonesia yang minimal memiliki lisensi pilot privat atau PPL (Private Pilot License). Jumlah ini tergolong sedikit memang. Tercatat, jumlah personel penerbangan aktif yang ada di Indonesia antara lain meliputi 7.400 pilot. Tapi jumlah tersebut ternyata sudah dua kali lipat dibandingkan lisensi PPL untuk pilot perempuan pada lima tahun yang lalu.

Para pilot wanita ini pun membentuk forum komunikasi Women Pilot Indonesia. Bukan hanya sebatas ajang eksis semata, forum ini dijadikan ajang berbagi pengalaman dan menambah pembekalan ilmu dari yang senior ke junior. Malah, mereka sudah membuat instagram womenpilot_id dan juga twitter. Akun instagram saat ini sudah terhapus, namun berganti ke tagar #womenpilot_id. Di dalamnya, berisi foto-foto para “Kartini-Kartini Angkasa” itu bergaya di depan kamera. Ada yang berseragam pilot, ada yang berdandan feminin.

Soal tampilan pilot, Nurmala Dewi, pilot Citilink Indonesia yang juga mantan pramugari memberi pendapat. “Pilot ini kan pekerjaan laki-laki yang selama ini terkesan macho dan maskulin. Perempuan itu bisa dilihat dari sisi maskulin tapi juga good looking, enak dilihat. Kami tetap tak bisa hilangkan sisi kewanitaan. Karena kalau kami turun dari pesawat kan banyak juga yang melihat kami,” kata wanita yang biasa disapa Mala ini. (SUMBER: Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.