707 vs 787, Ini Perbandingannya Versi Pilot

Beoing 707 milik Qantas

Perkembangan teknologi pesawat komersial terus berjalan. Salah satu item dari perubahan pesawat dari zaman ke zaman adalah efisiensi penggunaaan bahan bakar (tentu tanpa mengesampingkan perubahan sistem teknologi lainnya). Berikut penjelasan John Cox, mantan kapten pilot US Airways yang kini menjadi konsulten keamanan penerbangan.

Salah satu pertanyaan menggelitik adalah membandingkan evolusi pesawat klasik Boeing 707 dengan pesawat Boeing paling gres 787.

Boeing 787 dan Airbus A350 adalah generasi terbaru dari jet modern. Mereka jauh lebih hemat bahan bakar, semua sistem serba otomatis dan lebih nyaman daripada 707 generasi pertama dan DC-8. Namun, di eranya, 707 dan DC-8 adalah teknologi radikal, karena pesawat sebelumnya masih menggunakan baling-baling.

Peningkatan efisiensi mesin jet modern dibandingkan dengan generasi pertama adalah luar biasa. Jumlah terakhir yang saya lihat adalah bahwa sebagian besar jet modern 70% lebih efisien dibandingkan generasi pertama. Penerbangan sekarang terbang 18 jam secara rutin. Sangat berbeda ketika Boeing 707s pertama dan DC-8 berjuang keras hanya untuk melintasi Atlantik.

Salah satu pesohor dunia pemilik Boeing 707 adalah John Travolta. Yang mengagumkan adalah, John mampu merawat pesawat ini dengan cukup baik. Semua sitem dan mekanisme mesinnya tetap terjaga. Namun bukan sesuat yang mudah menjaga B 707. Butuh perhatian yang sangat detail. Namun secara umum, jika itu digunakan untuk penggunaan komersial setiap hari tentu butuh dikaji ulang sebab saat ini penggunaan pesawat baru jelas lebih efisien dan lebih maju dari sisi manapun.

John Travolta melambaikan tangan dari jendela kokpit Boeing 707
John Travolta melambaikan tangan dari jendela kokpit Boeing 707

Yang pasti bergitu teknologi berevolusi. Keamanan penerbangan tetap memiliki standar tinggi sesuai dengan era pesawatnya. Dan ke depan, semakin teknologi di pesawat serba canggih maka standar keamanan penerbangan tentu akan meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.