Sejarah Teror di Dunia Penerbangan

Teror di dunia penerbangan merentang sejak dahulu. Data yang disarikan Wikipedia dari berbagai sumber mencatat teror terhadap pesawat mulai terkaji pada 1930-an. Berikut rentetan teror yang menyaras si burung besi.

 

1933

United Airlines Chesterton mengalami kecelakaan. Pesawat  jenis Boeing 247 ini dihancurkan oleh bom nitrogliserin. Diduga aksi dilakukan oleh geng Chicago. Namun teka teki  ini belum terpecahkan. Sejarah mencatat, aksi ini adalah  sabotase pertama dalam dunia penerbangan komersial.

 

1949

Canadian Pacific Air Lines dibom. Dinamit disimpan di  bagasi milik istri Joseph Albert Guay. Ledakan terjadi  setelah take off. Sebanyak 19 penumpang tewas dan  empat awak. Guay kemudian diadili dan dijatuhi hukuman  mati dengan cara digantung pada 12 Januari 1951.

 

1955

Pesawat India, Kashmir Princess yang membawa delegasi  Konferensi Asia Afrika di Bandung dibom. Teror ini dalam  upaya pembunuhan Zhou Enlai namun gagal.

 

1955

United Airlines Penerbangan 629 diledakkan. Adalah Jack  Gilbert Graham yang mengemas dinamit  dan meletakkan di  dalam koper yang dibawa ibunya. Ledakan ini menewaskan  semua penumpang 39 orang dan lima awak. Graham  dieksekusi pada 1957.

 

1956

Pesawat di Siprus Yunani menjadi korban kampanye anti-Pemerintahan  Inggris di Siprus oleh EOKA. Pesawat mengalami kerusakan. Teror berlanjut hingga Siprus mendapatkan  kemerdekaan pada 1960.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.