Airbus yang Dibuat di Amerika Serikat Jalani Penerbangan Perdana

Sebuah langkah kecil untuk dunia penerbangan, namun menjadi langkah besar untuk Airbus. Pesawat pertama milik produses Eropa, Airbus, diproduksi di Fasilitas Manufaktur Amerika Serikat di Mobile, Alabama. Pesawat itu sudah jadi dan mengangkasa untuk kali pertama pada Senin (21/3) waktu setempat.

Sebagaiaman dilansir http://airheadsfly.com, pesawat lepas landas dari  Mobile Aeroplex pada 09:36 waktu setempat.

Penerbangan uji coba berlangsung selama lebih dari tiga jam sebelum pesawat mendarat pada pukul 13:02. Dua pilot penguji, Mark McCullin dan Bruce Macdonald, berada pada ruang kendali dalam penerbangan bersejarah tersebut. Selama ini, Boeing dan Airbus menjadi dua perusahaan aviasi yang mendominasi pembuatan pesawat komersial di seantero jagat. Boeing berbasis di Chicago, Amerika Serikat, sementara, Airbus yang dimiliki konsorsium Eropa berbasis di Toulouse, Prancis.

Penerbangan pertama itu bertujuan menguji sistem, mesin dan kinerja struktur. 300 Karyawan Airbus menjadi saksi penerbangan pertama.

Airbus asal Amerika diproduksi untuk JetBlue, maskapai yang akan menerima pesawat dalam beberapa pekan lagi. Pesawat berlorong tunggal dirancang untuk membawa penumpang dalam penerbangan non-stop sejauh 4.000 mil laut (7.400 km).

JetBlue Airways beberapa kali memesan A321-varian A320 di beberapa versi. Airbus A321 adalah sati dari 160 armada milik JetBlue. Sementara, 40 sampai 50 pesawat lagi sudah dipesan dan akan mendorong JetBlue menjadi maskapai terbesar ke-5 di Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.