NASA Tawarkan Teknologi Baru Menghemat Bahan Bakar

NASA mengumumkan bahwa para peneliti di Environmentally Responsible Aviation (ERA) telah menghasilkan teknologi yang bisa mengubah industri penerbangan.

NASA mengklaim teknologi baru ini bisa mengurangi konsumsi bahan bakar penerbangan hingga separuhnya, mengurangi polusi sebesar 75% dan menurunkan polusi suara hampir seperdelapan dari tingkat kebisingan saat ini.

Para peneliti ERA menawarkan delapan demonstrasi teknologi, beberapa di antaranya telah diuji pada laboratorium penerbangan Boeing ecoDemonstrator 757. Sistem modifikasi pesawat akan memungkinkan pengurangan berat badan yang signifikan, teknologi perubahan sayap untuk mengurangi tarikan, beberapa perubahan untuk meningkatkan efisiensi mesin, modifikasi di roda pendaratan, sayap baru dan teknik tanjakan mesin.

“Berdasarkan simulasi yang kami lakukan menggunakan komputer, teknologi ini bisa menghemat US$$255 miliar, setara dengan penghematan operasional antara 2025 dan 2050,” kata Jaiwon Shin, peneliti di NASA, sebagaimana dilansir flyingmag.com beberapa waktu lalu.

NASA menginvestasikan US$400 juta dalam proyek selama enam tahun tersebut. Ada pula investasi US$250 juta yang ditanamkan ke dalam berbagai proyek oleh mitra industri.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.