Pesawat Ini Mampu Mengangkut Penduduk Satu Kota

Saat ini, pesawat dengan jumlah kursi penumpang terbanyak adalah Airbus A380 milik maskapai asal Uni Emirat Arab, Emirates.

Pesawat yang mulai beroperasi pada akhir 2015 untuk rute Dubai, Uni Emirat Arab menuju Kopenhagen, Denmark, itu memiliki 615 kursi untuk penumpang. Terdiri dari 58 kursi di kelas bisnis dan 557 di kelas ekonomi. Jumlah tersebut mengalahkan A380 milik AirFrance yang punya 538 kursi penumpang.

CNN menyebut A380 Emirates mampu menampung penduduk satu kota untuk terbang. Asumsi itu berdasarkan sensus di Circle, Montana, Amerika Serikat, yang dihuni tak lebih dari 615 orang. A380 pada dasarnya adalah sebuah bangunan yang mampu terbang yang digerakkan empat mesin dan terdiri dari dua lantai kursi.

 

Namun, banyaknya jumlah kursi di kabin juga butuh pengorbanan besar. Ruangan kabin jadi lebih sempit. Tak hanya itu, fasilitas pancuran legendaris milik Emirates juga dihilangkan.

Sebelum konfigurasi baru ini, Emirates memiliki 15 toilet di tiap kelas. Setelah penambahan kursi, hanya ada 18 toilet untuk dua kelas.

Sementara, lebih banyak kursi sama dengan perbaikan sistem hiburan dalam penerbangan. Ukuran layar meningkat 10% di kelas ekonomi, dari 12,1 inci menjadi 13,3 inci.

Ketika A380 menjalani debut penerbangan satu dekade lalu, desain pesawat itu didasarkan pada gagasan bahwa penerbangan akan memerlukan pesawat yang lebih besar demi memenuhi tingginya pertumbuhan jumlah penumpang. Namun, penjualan A380 merosot dalam beberapa tahun terakhir.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.