2 F-16 Israel Nyaris Tabrak Pesawat Ryanair

    Dua jet tempur Angkatan Udara Israel dilaporkan hampir menabrak sebuah pesawat pesawat penumpang selama pelatihan latihan di gurun Negev, Selasa 1 Maret 2016. Jet tempur F-16 milik negara Yahudi itu nyaris menghantam pesawat penumpang Ryanair, yang membawa 162 penumpang, dekat dengan Ovda, sekitar 60 kilometer utara kota resor selatan Eilat.

    Army Radio melaporkan insiden itu terjadi pada ketinggian di 27.000 kaki. Pilot Ryanair menghindari kecelakaan dengan mengubah arah pada detik-detik terakhir melaporkan.
    Tapi Ryanair membantah laporan yang menyebut pesawat dalam posisi berdekatan.

    “Penerbangan ini dari Krakow ke Eilat Ovda sedang terbang pada ketinggian 27.000 ft di wilayah udara Israel ketika dua pesawat militer [dengan jarak lebih dari 3 mil jauhnya] yang terlihat oleh awak berada di jalur jalur penerbangan pesawat Ryanair. Awak memberitahu ATC setempat dan pesawat militer turun jauh dari jet Ryanair, penerbangkan dilanjutkan ke Eilat Ovda dan mendarat tanpa insiden, “katanya.

    F-16 Israel
    F-16 Israel

    “Pesawat-pesawat militer berada di lebih dari 3 mil jauhnya dari pesawat Ryanair, sehingga laporan ‘hampir kecelakaan’ atau ‘ manuver mengelak’ adalah palsu dan tidak benar. Semua penumpang pesawat Ryanair tidak melihat apa-apa, karena pesawat kami tidak pernah dialihkan dari jalur penerbangan menuju Ovda. ”

    Tidak ada laporan yang luka atau kerusakan. Kementerian Transportasi dan angkatan udara meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut.Empat jet tempur terlibat dalam latihan, dua dari mereka terbang dari timur ke barat melintasi jalur pesawat sipil ini.

    Ryanair Irlandia, yang menyebut dirinya sebagai maskapai penerbangan komersial termurah di Eropa, mulai terbang antara Ovda dan sejumlah kota-kota Eropa Timur pada bulan Juli 2015, dan menjadi satu-satunya operator yang mengoperasikan penerbangan internasional ke kota resor selatan. David O’Brien, Direktur Komersial Ryanair, mengatakan rute baru ke Israel diluncurkan untuk memenuhi permintaan liburan di Eropa Tengah dan Timur

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.