Y-12F China Peroleh Sertifikasi FAA, Terus Kenapa?

Y-12F China Peroleh Sertifikasi FAA

Pesawat Y-12F China, telah menerima sertifikasi dari Federal Aviation Administration (FAA). Pesawat turboprop ini adalah seri ketiga dari Y-12 yang diproduksi oleh Aviation Industry Corporation of China (AVIC). Dua seri sebelumnya yakni Y-12 IV dan Y-12E telah mendapatkan sertifikasi.

Dengan adanya sertifikasi FAA berarti pesawat telah memenuhi standar industri tinggi dan membuka jalan bagi penjualan global.

Sebagaimana dilaporkan Shanghai Daily, Minggu (28/02/2016) pesawat Y-12F dapat digunakan dalam berbagai industri termasuk penumpang dan kargo, pemantauan maritim, pengiriman udara, serangan udara, eksplorasi geologi, penyelamatan dan membuat hujan buatan.

Pesawat ini memiliki berat take-off maksimum 8.4 ton. YF-12F memiliki kecepatan jelajah ekonomi 400 kilometer per jam dan daya jelajah terpanjang 2.255 kilometer.
Lebih dari 200 unit seri Y-12 telah disampaikan dan dioperasikan di hampir 30 negara dan wilayah di seluruh dunia. Permintaan domestik dan luar negeri untuk Y-12F diperkirakan akan melebihi 100 unit dalam dua dekade mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.