Pesawat Amelia Earhart Ditemukan

Pesawat yang dipiloti Amelia Earhart saat dia menghilang dalam penerbangan di atas Samudra Pasifik telah ditemukan.

Namun, pesawat itu bukan ditemukan di lautan, melainkan dalam film produksi 1936 yang dibintangi Clark Gable. Discovery News melaporkan bahwa peneliti The International Group of Historic Aircraft Recovery (TIGHAR) melihat pesawat Earhart, Lockheed Electra—terlihat dari nomor registrasi yang berada di sayap—muncul di film Clark Gable berjudul Love on the Run.

Tampaknya penulis biografi Earhart pun tidak menyadari penampakan pesawat legendaris tersebut. Dalam film tersebut, Lockheed membawa Gable dan Joan Crawford ke kerumunan penonton selama lepas landas.

Amelia Earhart. (Foto: USA Today)
Amelia Earhart. (Foto: USA Today)

Love on the Run tayang perdana sekitar delapan bulan sebelum hilangnya Earhart pada Juli 1937. Pilot Paul Mantz, yang juga menjadi penasihat teknis Earhart menerbangkan pesawat tersebut pada film.

Pesawat itu dikirimkan ke Earhart pada hari ulang tahunnya yang ke-39 pada 24 Juli 1936, beberapa pekan sebelum film Clark Gable dibuat. Namun, tidak jelas apakah Earhart tahu pesawat itu digunakan dalam film.

Sebagaimana dilansir USA Today, Kamis (25/2/2016), TIGHAR sedang mempersiapkan misi baru menggunakan kapal selam untuk mencari pesawat Earhart pada musim panas 2017. Sejak hilang pada 1937, pesawat yang dipiloti Amelia Earhart tak ditemukan. Hilangnya Lockheed Electra milik Earhart menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar sepanjang sejarah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.