Digrounded Setengah Abad, Jet Prototipe Boeing 727 Siap Diterbangkan Pamungkas

Jet Prototipe Boeing 727 Siap Diterbangkan Pamungkas

Pesawat Boeing 727 keluaran pertama yang telah digrounded selama 25 tahun lebih, hampir siap diterbangkan lagi untuk terakhir kalinya.

Pesawat itu dijadwalkan akan lepas landas dari rumah Boeing, Paine Field di Everett, Seattle, Washington, Amerika Serikat, 1 Maret mendatang.

Pesawat itu sebetulnya adalah pesawat prototipe yang langsung dikirimkan ke pelanggan Boeing. Hanya pesawat jenis ini satu-satunya pesawat bikinan Boeing yang langsung dijual tanpa menyimpan satu pesawat untuk koleksi prototipe.

Pesawat itu telah teronggok di Museum Dirgantara di Paine Field, Seattle, sejak 1991, saat United Airlines menyumbangkan pesawat tersebut ke museum. Pesawat telah dipakai mengangkut lebih dari 3 juta penumpang selama dioperasikan.

Boeing 727 diterbangkan pertama pada 9 Februari 1963. Seri itu terakhir kali dikeluarkan pada 1984, menjadikannya salah satu pesawat jet paling sukses secara komersial bagi Boeing.

Boeing 727 merupakan pesawat komersial pertama tersukses, mencatat penjualan di atas 1.000 unit, atau lebih tepatnya 1.832 unit.

Sejumlah relawan telah menghabiskan banyak waktu memulihkan pesawat itu agar bisa menjalani penerbangan pamungkasnya. Persiapannya sudah dilakukan sejak pertengahan 2015 lalu.

“Kami masih mengerjakan perbaikan untuk penyempurnaan,” kata salah satu relawan yang juga mantan teknisi Boeing Bob Bogash seperti dikutip heraldnet.com, Senin (22/2/2016).

“Sudah tak ada yang bisa berfungsi,” kata Bogash, “Semua harus diganti.”

Namun semua teknisi yang bekerja bersama Bogash memperbaiki pesawat itu mengatakan, “Kita akan menerbangkan pesawat ini!”

Jet Prototipe Boeing 727 Siap Diterbangkan Pamungkas

Prototipe Boeing 727 saat upacara peluncuran 727 di kandang Boeing, di Seattle, November 27, 1962. (Foto:warbirdsnews.com)
Jet Prototipe Boeing 727 Siap Diterbangkan Pamungkas
Area display utama dari Museum Dirgantara yang terletak di Boeing Field, Seattle, Washington. (Foto dari Wikipedia)

Dalam beberapa hari lagi, burung besi tua itu akan diterbangkan ke kandang Boeing di Seattle. Bob Bogash sendiri yang akan menerbangkan pesawat yang telah ia hidupkan kembali itu.

“Saya sangat senang dan tak sabar menunggu untuk terbang dengan pesawat di mana saya bekerja untuknya selama 32 tahun,” kata Bogash. “Sungguh menakjubkan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.