Tak Hanya Garuda, Susi Air Juga Lirik Rute Purbalingga

Susi Air rute perintis

Tak hanya Garuda Indonesia yang tertarik terbang ke Purbalingga, Jawa Tengah. Maskapai rute perintis Susi Air milik Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga menyatakan minat untuk melayani penerbangan dari dan menuju Bandara Wirasaba, Purbalingga.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Sudjatmoko mengungkapkan, jika Bandara Wirasaba sudah diubah menjadi bandara umum, ada dua maskapai penerbangan yang siap melayani penerbangan ke Purbalingga, yakni Garuda Indonesia dan Susi Air.

Kebetulan Direktur Utama Garuda Indonesi [Arif Wibowo] adalah orang asli Purbalingga. Jadi dia berkomitmen untuk membuka rute ke daerahnya sendiri. Begitu juga Susi Air, mereka sudah pernah survei ke Purbalingga,” ungkap Heru Sudjatmoko.

Pemerintah berencana membuka Bandara Wirasaba di Purbalingga yang kini merupakan bandara khusus bagi TNI Angkatan Udara menjadi bandara umum agar bisa melayani penerbangan komersial. Untuk mendukung pengembangan Bandara Wirasaba menjadi bandara komersial diperlukan perluasan lahan bandara. Perluasan lahan bandara ini akan menggunakan dana APBD dari pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, selain mendapatkan bantuan dana juga dari Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo beberapa waktu lalu sempat menyatakan ketertarikannya melayani penerbangan menuju Bandara Wirasaba Purbalingga dari Bandara Pondok Cabe, Pemulang, Tangerang Selatan, Banten. Jika direalisasikan, layanan penerbangan itu akan dioperasikan menggunakan pesawat baling-baling ATR 72-600 yang berkapasitas 70 kursi kelas ekonomi.

Sayangnya penerbangan dari Bandara Pondok Cabe, Tangsel juga belum lagi menemui kepastian kapan akan dimulai. Sempat dikabarkan akan dibuka menjadi bandara komersial Maret 2016, pengoperasian bandara milik Pertamina itu diundur lagi paling cepat Juni 2016 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.